PENGEMBANGAN KETERAMPILAN METAKOGNISI MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Natalia Rosa Keliat, Wahyu Dian Kirana, Lusiawati Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melatih dan mengembangkan keterampilan metakognisi siswa melalui kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik berdasarkan masalah (problem based learning). Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Salatiga dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelasa XI IPA 4. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berdasarkan masalah mampu meningkatkan keterampilan metakognisi siswa. Persentase jumlah siswa yang memiliki keterampilan metakognisi =65 (dengan kategori minimal baik) mencapai 72% pada siklus II bila dibandingkan dengan siklus I yang hanya mencapai 63,8%. Persentase setiap aspek keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa pada siklus I, aspek perencanaan hanya mencapai 50%, aspek strategi manajemen informasi mencapai 50%, aspek monitoring pemahaman hanya mencapai 5,56%, aspek menemukan kesalahan dan perbaikan (checking) 25%, dan mengevaluasi mencapai 30,56%. Pada siklus II, aspek perencanaan 66,67%, aspek strategi manajemen informasi mencapai 66,67%, aspek monitoring pemahaman dapat mencapai 72.22%, aspek menemukan kesalahan dan perbaikan mencapai 69.45%, dan aspek evaluasi mencapai 72.22%.

 

Kata kunci: keterampilan metakognisi, pembelajaran, berdasarkan masalah 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.