PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN BERORIENTASI Sustainable Society TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGOLAH SAMPAH

Ariyansyah Ariyansyah, Erni Suryani, Mei Indra Jayanti

Abstract


Pendidikan lingkungan merupakan pendidikan yang berperan dalam membantu masyarakat agar dapat hidup secara berkelanjutan di lingkungannya. Untuk dapat mewujudkan masyarakat berkelanjutan antara lain perlu antisipasi permasalahan lingkungan sedini mungkin serta perlu pemahaman dan penerapan ilmu lingkungan. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam mengolah kembali sampah adalah dengan menerapkan pembelajaran berorientasi sustainable society pada mata kuliah pengetahuan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dalam mengolah sampah. Metode penelitian yang digunakan adalah kausal komparasi, desain post test only control design. Hasil analisis data menunjukkan nilai sig > 0,00 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan pembelajaran berorientasi
Sustainable Society terhadap kemampuan mahasiswa dalam mengolah sampah.

Kata kunci: lingkungan, sustainable society, sampah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.