PENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP MELALUI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK

Ramdani Sucilestari, Kurniawan Arizona

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecakapan hidup mahasiswa melalui pembelajaran sains berbasis proyek. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttes design. Populasi penelitian sejumlah 268 mahasiswa yang tersebar dalam 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 mahasiswa yang tergabung dalam 1 kelas dan diambil dengan teknik cluster random sampling. Kecakapan hidup mahasiswa diukur dengan instrumen berupa angket dan tes yang diberikan pada awal dan akhir pembelajaran serta lembar observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Ketiga instrumen yang digunakan sudah divalidasi. Data kecakapan hidup mahasiswa dianalisis dengan uji t dan untuk mengetahui peningkatan kecakapan hidup digunakan nilai gain yang dinormalisasi (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecakapan hidup mahasiswa melalui pembelajaran sains berbasis proyek.

Kata kunci : kecakapan hidup, pembelajaran sains, project base learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.