PERAN PEMBELAJARAN BIOLOGI TOPIK KEANEKARAGAMAN HAYATI DALAM MENUNJANG EKOWISATA DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Lastiar Roseylina Sitompul

Abstract


Penelitian  menunjukkan  bahwa  pengembangan  ekowisata  di  Indonesia  berdampak  negatif    bagi   kelestarian lingkungan  hidup, padahal salah satu tujuan  dari ekowisata itu sendiri adalah menumbuhkan kesadaran  cinta  lingkungan. Pendidikan merupakan sarana yang efektif  menumbuhkan kesadaran cinta lingkungan khususnya pembelajaran Biologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari mahkluk hidup dan lingkungannya. Kenyataan yang  ditemui  di  sekolah-sekolah  Indonesia,  guru  Biologi  lebih  menekankan    pengajaran  yang  menuntut    siswa  menguasai pengetahuan kognitif saja. Hal ini terlihat dari asesmen yang dirancang guru dalam pembelajaran hanya menilai kognitif siswa dengan tes tertulis.  Akibatnya tidak jarang ditemukan ketika para siswa  melakukan kegiatan ekowisata, justru merusak lingkungan yang dikunjunginya. Siswa belum dapat menginternalisasi pengetahuannya dalam    wujud  sikap    perilaku  cinta  lingkungan.  Pada  hal  kompetensi    setelah    mempelajari  topik  ini  adalah mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, serta  peka dan peduli terhadap  permasalahan  lingkungan  hidup,  menjaga  dan  menyayangi  lingkungan  sebagai  manisfestasi  ajaran agamanya.  Tujuan  penulisan  artikel  ini  untuk  mendeskripsikan    strategi    pembelajaran  Biologi    yang  bertujuan   mengembangkan sikap cinta lingkungan pada siswa sekaligus sebagai pelaku ekowisata  yang  mampu berperan dalam  pengelolaan lingkungan  yang berkelanjutan melalui topik pembelajaran keanekaragaman hayati. Strategi pembelajaran  yang  tepat,  berimplikasi    pada  pengembangan    minat    siswa  untuk  turut  serta  mengembangkan ekowisata dan berperan sebagai  duta  masyarakat dalam   usaha  pelestarian dan pengelolaan lingkungan.  Metode  penelitian dalam penulisan artikel dengan  studi literatur.  Hasil kajian studi literatur menunjukkan bahwa strategi pembelajaran  Biologi  yang  melibatkan  siswa  secara    aktif,      berkonstribusi    menumbuhkan  kesadaran  siswa  mencintai  lingkungan,  berperan  aktif  dalam    usaha  pengelolaan  lingkungan    melalui  kegiatan  ekowisata,  serta menumbuhkan sikap dan perilaku  nyata  mencegah  punahnya keanekaragaman hayati.   Kata kunci:  pembelajaran biologi, keanekaragaman hayati, ekowisata , pengelolaan lingkungan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.