PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DI MAN 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2016/2017

Zahratul Aini, Agus Ramdani, Ahmad Raksun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan model pembelajaran guided inquiry di MAN 1 Praya tahun ajaran
2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test post-test non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN 1 Praya tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 247
siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling sehingga didapatkan kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIPA-4 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data hasil penelitian yaitu tes penguasaan konsep berupa soal pilihan ganda dan tes kemampuan berpikir kritis berupa soal essay. Data hasil tes penguasaan konsep biologi dan tes kemampuan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan bantuan SPSS Statistics 17.0 for Windows. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep biologi (p-value = 0,000) dan kemampuan berpikir kritis (p-value = 0,009) siswa kelas X pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan model pembelajaran guided inquiry di MAN 1 Praya tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci: kooperatif tipe GI, guided inquiry, kemampuan berpikir kritis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.