PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR MANDIRI PENGETAHUAN MATERI IPA BAGI GURU SMP MENGACU PADA UJI KOMPETENSI GURU (UKG)

Mariani Natalina, Evi Suryawati, Cindy Anggrainy

Abstract


Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) merupakan kerangka konseptual yang mewujudkan hubungan antara 3 ranah ilmu yang dibutuhkan guru yakni Pengetahuan Teknologi, Pengetahuan Pedagogik, dan Pengetahuan Materi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sumber belajar mandiri pengetahuan materi IPA bagi guru SMP mengacu pada UKG. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development dengan uji coba terbatas. Tahap desain, pengembangan, validasi internal, dan uji coba simulasi sumber belajar dilakukan di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. Validasi eksternal dan uji coba terbatas dilakukan di MGMP IPA Kota Pekanbaru. Hasil validasi produk menunjukkan aspek format dan kegrafisan rata-rata 3,26 (sangat valid), ilustrasi dan gambar rata-rata 3,24 (valid), bahasa 3,28 (sangat valid), isi rata-rata 3,31 (sangat valid). Rata-rata keseluruhan aspek 3,28 (sangat valid). Nilai rata-rata respon 20 orang guru terhadap sumber belajar mandiri yang dikembangkan 3,30 (sangat valid). Hasil penelitian menunjukkan sumber belajar mandiri pengetahuan materi IPA layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri oleh guru untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam proses belajar mengajar.

 

Kata Kunci: IPA SMP, Pengetahuan Materi, Sumber Belajar Mandiri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.