KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN GI DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Melisa Melisa, Rusdi Hasan, Irwandi Irwandi, Fajrillah Tanjung

Abstract


Penelitian ini apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar mahasiswa padamata kuliah Fisiologi Tumbuhan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI dengan menggunakan Mind Map. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Biologi FKIP UMB semester IV yang berjumlah 95 orang mahasiswa yang terbagi ke dalam tiga kelas, dua kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan angket untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa. Kemudian data dianalisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan Mind Map, model pembelajaran GI dengan menggunakan Mind Map dan Konvensional. Terdapat perbedaan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan Mind Map, model pembelajaran GI dengan menggunakan Mind Map dan Konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan menggunakan Mind Map lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar mahasiswa dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan Mind Map dan lebih baik dibandingkan model pembelajaran Konvensional.

Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, kooperatif, tipe STAD dan GI, mind map.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.