PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) TERHADAP HASIL VIDEO DIGITAL STORY TELLING LANDSKAP BUDAYA SUBAK

Ida Bagus Ari, I Made Diarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil video digital storytelling landskap budaya subak antara Model PjBl dengan Model Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Akademik 2016/2017. Sedangkan sampel penelitian yaitu 120 orang mahasiswa yang terdiri dari kelas VIA,VIB,VIC, dan VID. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini tergolong dalam penelitian quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA Satu Jalur dengan menggunakan instrument rubrik penilaian video digital storytelling lanskap budaya subak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil video digital story antara Model PjBL dengan model konvensional.

Kata kunci: Model pembelajaran, berbasis proyek (pjbl), landskap budaya, subak, video digital ,
storytelling

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.