ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH

Cut Nurmaliah, Khairil Khairil, Khairil Khairil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan metakognisi siswa dengan
penerapan model Problem based Learning (PBL) pada materi sistem reproduksi manusia.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Banda Aceh dengan desain penelitian pre-test and posttest

control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester
ganjil pada Tahun Ajaran 2016/2017, dan sampel siswa kelas XI-1 dan XI-3. Instrumen untuk
mengukur keterampilan metakognisi menggunakan Metacognitive Inventory Junior dan dianalisis
secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan metakognisi
siswa yang signifikan (P>0,05) dengan nilai t
hit
= 3,95 > t
tab
=2,018. Simpulan penelitian model
PBL berpengaruh terhadap kemampuan metakognisi siswa. Kemampuan metakognitif siswa pada
level OK dan Development.

Kata kunci: PBL, keterampilan metakognisi, sistem reproduksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.