KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULAH VERTEBRATA BERBASIS MIND MAPPING PADA MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Arsip Marobi, Kashardi Kashardi, Endang Sulaiman, Anizar Anizar

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengembangan bahan ajar mata kuliah vertebrata berbasis mind mapping terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Produk yang dihasilkan sebuah bahan ajar berupa modul pembelajaran mata kuliah vertebrata berbasis mind mapping yang valid dan praktis. Merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (Design), pengembangan (develop) dan penyebaran (desseminate). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu semester IV berjumlah 95 orang mahasiswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Untuk uji terbatas berjumlah sembilan orang mahasiswa yang diambil dari perwakilan ketiga kelas, sedangakn untuk uji luas menggunakan seluruh mahasiswa dari ketiga kelas tersebut. Alat ukur yang dikunakan untuk pengambilan data yaitu evaluasi mind mapping yang terdiri dari 40 template untuk mengukur pemahaman konsep mahasiswa. Kemudian data akan dianalisis menggunakan Uji T-test (Paired Samples Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan dengan pengembangan bahan ajar mata kuliah vertebrata berbasis mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa Biologi FKIP semester IV Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Kata kunci : bahan ajar, mind mapping, pemahaman konsep.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.