IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PERKULIAHAN GENETIKA UNTUK MEMPERBAIKI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Yennita Yennita, Rendi Zulni Ekaputri

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui implementasi model pembeljaran berbasis masalah pada perkuliahan genetika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan pembelajaran spesifik dan mahasiswa semester 6 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi aktivitas mahasiswa untuk mengamati aktivitas perkuliahan selanjutnya data diolah menggunakan skor rata-rata yang diperoleh dari lembar kerja. Hasil pembelajaran yang kemudian dianalisis berdasarkan kriteria tingkatan kelulusan pembelajaran . hasil analisis menunjukkan pada siklus pertama didapatkan skor sebesar 29 sebagai skor rata-rata yang diklasifikasikan pada kriteria baik. Walaupun skor rata-rata aktivitas mahasiswa meningkat dari 29 sampai 31,5 (kategori baik) . selain itu persentase hasil dari pembelajaran konvensional pada siklus I adalah 73% dengan kriteria tidak tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan 85% pada siklus II yang di nyatakan tuntas. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis masalah pada matakuliah Genetika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa yang ada di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu. 

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran, berbasis masalah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.