https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/issue/feed Chemistry Education Practice 2021-12-08T07:13:57+08:00 Yunita Arian Sani Anwar yunita@unram.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">Chemistry Education Practice (CEP) (ISSN Cetak <a href="http://u.lipi.go.id/1540349824">2654-8119</a> dan ISSN Online <a href="http://u.lipi.go.id/1540353945">2656-3940</a><a href="http://u.lipi.go.id/1540353945">)</a> mencakup semua aspek penelitian dan praktik pendidikan kimia. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian asli, komunikasi singkat, diseminasi, diskusi penelitian, pengalaman dan perspektif di berbagai aspek pendidikan kimia, pengembangan pengajaran, proyek dan inovasi pendidikan, metodologi pembelajaran dan teknologi baru dalam pembelajaran kimia. Jurnal Chemistry Education Practice diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu setiap bulan Mei dan November. CEP sudah terakreditas sinta 4 dengan nomor <a href="https://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?page=1&amp;id=6799">SK 148/M/KPT/2020</a> sejak bulan Mei tahun 2018 sampai bulan November tahun 2023.</p> https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2399 Analysis of Critical Thinking Skills in Reaction Rate Using Guided Inquiry with Web-Assisted Courses 2021-12-08T07:13:57+08:00 Ayu Indahyana ayuindahyana3@gmail.com Harun Nasrudin Harununesa@gmail.com <p>This research aims to describe the result of the analysis students` critical thinking skills through the implementation of guided inquiry learning models with web-assisted courses in reaction rate. The subject is students` XI MIPA 2 SMAN 1 Taman. The type of this research is pre-experimental design with one group pretest-posttest design. This research uses observation, test and questionnaire methods. The instruments used are a sheet of the critical thinking skills test, observation sheet of learning model implementation, activity observation sheet, and student response questionnaire sheets. Quantitative methods with SPSS 23 to analyze this research data. The result of this research showed that (1)The percentage of learning model implementation at the first and second meetings are 98,06% (very good) and 99,07% (very good). (2)The relevant activities of student's at the first and second meetings are 98,47% and 97,84%. (3) Students' critical thinking skill is successfully trained with the average gain score on the interpretation indicator is 0.90 (high), inference indicator is 0,93 (high), analysis indicator is 0,90 (high) and explanation indicator is 0,89 (high). (4)The positive response of students` is 91.18%. The results showed that the guided inquiry learning model with web-assisted courses in reaction rate material could improving students' critical thinking skills.</p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 Ayu Indahyana, Harun Nasrudin https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2129 Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Senyawa Stigmasterrol dari Daun Tumbuhan Majapahit (Crescentia cujete) 2021-12-08T07:13:57+08:00 Shalat Muliani shalatmuliani98@gmail.com Aliefman Hakim Aliefmanhakim27@gmail.com Syarifa Wahidah Al Idrus syarifawahidah@unram.ac.id Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum kimia bahan alam isolasi senyawa stigmasterol dari daun tumbuhan majapahit (<em>Crescentia</em> <em>cujete</em>). Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&amp;D) dengan model 4D (<em>define</em>, <em>desaign</em>, <em>develop</em> dan <em>disseminate</em>). Proses isolasi senyawa menggunakan metode modifikasi yang diawali dengan tahap maserasi, penguapan, rekristalisasi dan identifikasi struktur dengan menggunakan spektroskopi IR dan UV-Vis. Hasil penelitian diperoleh kristal/serbuk berwarna putih sebanyak 400 mg. Hasil pengukuran spektrum IR menunjukkan pita serapan pada bilangan gelombang 3456,72 cm<sup>-1</sup>, 2918,32 cm<sup>-1</sup>, 2849,74 cm<sup>-1</sup>, 1638,57 cm<sup>-1</sup>, 1473,5 cm<sup>-1</sup>, 1463,36 cm<sup>-1</sup>, 1288,43 cm<sup>-1</sup>, 729,94 cm<sup>-1</sup>, 719,6 cm<sup>-1</sup>. Hasil pengukuran spektrum UV-Vis menunjukkan serapan maksimum pada bilangan gelombang 243 nm. Berdasarkan hasil analisis spektroskopi, senyawa hasil isolasi merupakan stigmasterol dengan rumus molekul C<sub>29</sub>H<sub>48</sub>O. Modul yang dikembangkan dianalisis kevalidannya dengan rumus indeks Aiken dan didapatkan nilai V 0,79 dengan kategori valid dan hasil dilakukan analisis reliabilitas dengan nilai 0,89 sehingga modul layak digunakan. Analisis kepraktisan modul untuk semua aspek didapatkan rata-rata kepraktisan angket respon mahasiswa 82% dengan kategori sangat praktis. 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 shalat muliani https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2654 Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Metode Eksperimen 2021-12-08T07:13:57+08:00 Leony Sanga Lamsari Purba leony.purba@uki.ac.id St Fatimah Azzahra siti@uki.ac.id Orde Baru ordesaumatgerat@gmail.com <p align="justify">Penelitian kuasi exsperiemen  ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah prettest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Widya Manggala. Sampel dkelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA2 sebagai kelas kontrol diperoleh melalui teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian,  pada kelas eksperimen skor pretes terendah 25 dan skor tertinggi 65 dengan rata-rata 42,2. Sedangkan skor postes di kelas eksperimen terendah 65 dan tertinggi 95 dengan rata-rata 73,12. Hasil hipotesis data pretes dan postes kelas eksperimen di dapatkan t<sub>hitung</sub> sebesar 8,147 &lt; t<sub>tabel</sub> sebesar 2,131. Pengolahan data menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed)&lt; 0,05 sehingga H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>o</sub> ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui metode eksperimen.</p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 Leony Sanga Lamsari Purba, St Fatimah Azzahra, Orde Baru https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2657 Hubungan Antara Prestasi Belajar Kimia Dengan Keterampilan Komunikasi Lisan Berdasarkan Persepsi Siswa 2021-12-08T07:13:57+08:00 Lukmanul Hakim lukmanul764@gmail.com Yayuk Andayani yayukmtr@gmail.com Jeckson Siahaan siahaanjackson251@yahoo.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar kimia dengan keterampilan komunikasi lisan berdasarkan persepsi siswa. Penelitian kuantitatif <em>ex-post facto</em> melibatkan sebanyak 231 siswa sebagai sampel yang ditentukan menggunakan <em>proportionate stratified random sampling</em>. Data keterampilan komunikasi lisan dikumpulkan menggunakan angket dan data prestasi belajar kimia siswa dari dokumen guru. Teknik analisis korelasi <em>Pearson Product Moment </em>digunakan untuk uji hipotesis dan analisis deskriptif untuk menjelaskan tingkat ketercapaian prestasi maupun komunikasi lisan siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan (t<sub>hitung </sub>= 12057,742 &gt; t<sub>tabel</sub> = 3,89) antara prestasi belajar kimia dan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas XI MIA di SMAN Mataram dan Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021, namun hubungannya sangat rendah (r<sub>xy</sub>= 0,10). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kategori ketercapaian rata-rata nilai untuk prestasi belajar kimia dan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas XI MIA di SMAN Mataram dan Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021 secara keseluruhan termasuk kategori tinggi. 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 Lukmanul Hakim, Yayuk Andayani, Jeckson Siahaan https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2694 Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Narmada Selama Pandemi Covid-19 2021-12-08T07:13:57+08:00 Widya Hilalia Iswara Widya4hilalia@gmail.com Muntari Muntari muntari_unram@yahoo.com Rahmawati Rahmawati rahmawati_kimia@unram.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kesulitan belajar kimia siswa, (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar kimia siswa, (3) hubungan antara faktor-faktor kesulitan belajar kimia siswa dengan hasil belajar kimia siswa kelas XII MIPA di SMAN 1 Narmada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII MIPA tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 196 orang dan diambil 130 orang sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, angket tertutup dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan Microsoft Excel 2016 dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kesulitan belajar kimia siswa paling tinggi terdapat pada indikator ke-3 (menghitung tekanan uap larutan elektrolit) pada soal nomor 4 sebesar 71,58% dengan kategori tinggi (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa ditinjau dari faktor internal yaitu faktor minat dengan sebesar 69,23%, dan faktor motivasi sebesar 51,53%, sedangkan pada faktor eksternal yaitu faktor keluarga sebesar 45,39%, faktor sekolah 42,30%, faktor masyarakat 49,23% dan faktor materi kimia sebesar 60,77%. (3) terdapat hubungan antara faktor-faktor kesulitan belajar kimia siswa dengan hasil belajar kimia siswa dengan koefisien korelasi 0,357.</p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 widya hilalia iswara, muntari muntari, rahmawati rahmawati https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2701 Pengembangan Modul Praktikum Mandiri Terintegrasi Green Chemistry Pada Pokok Bahasan Asam Basa 2021-12-08T07:13:57+08:00 Baiq Fanesa Rizkilia Kusuma baiqfanesa8@gmail.com Aliefman Hakim aliefmanhakim27@gmail.com Yunita Arian Sani Anwar yunita@unram.ac.id Eka Junaidi xjuned@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik modul praktikum mandiri terintegrasi <em>green chemistry </em>pada pokok bahasan asam basa yang dikembangkan, 2) tingkat kelayakan serta kepraktisan modul praktikum untuk menunjang pembelajaran mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian <em>Research and Development </em>dengan model penelitian 4D <em>(define, design, develop, disseminate). </em>Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA SMAN 1 Selong pada tahun akademik 2020/2021, sedangkan sampelnya adalah 22 siswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas (kelayakan) modul praktikum yang dikembangkan dari 4 validator dengan menggunakan indeks Aiken (V) sebesar 0,86 dalam kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan diukur melalui respon siswa terhadap modul praktikum. Hasil analisis respon siswa berada pada kategori sangat praktis dengan persentase praktikalitas sebesar 87,2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum mandiri terintegrasi <em>green chemistry </em>pada pokok bahasan asam basa yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran mandiri di masa pandemi.</p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 Baiq Fanesa Rizkilia Kusuma, Aliefman Hakim, Yunita Arian Sani Anwar https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2733 Hubungan Antara Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mahasiswa Pendidikan Kimia di Universitas Mataram 2021-12-08T07:13:57+08:00 Baiq Hesti Yuliatin baiqhestiyuliatin@gmail.com Agus Abhi Purwoko agus_ap@unram.ac.id Muntari Muntari muntari_unram@yahoo.com Mutiah Mutiah mutiahkimia@yahoo.co.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa pendidikan Kimia di Universitas Mataram. </span><span style="vertical-align: inherit;">Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">ex-post facto</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">Populasi penelitian sebanyak 160 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 114 mahasiswa semester IV dan VI program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan, Universitas Mataram. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">proportional stratified random sampling</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">. </span><span style="vertical-align: inherit;">Pengumpulan data menggunakan instrumen sikap ilmiah dan soal tes keterampilan berpikir kreatif. </span><span style="vertical-align: inherit;">Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kategori untuk Sikap Ilmiah mahasiswa termasuk sedang, diperoleh rata-rata sebesar 54,95 dengan nilai tertinggi pada indikator sikap ingin tahu, begitupun dengan keterampilan berpikir kreatif temasuk kategori sedang, diperoleh rata-rata sebesar 11,16 dengan nilai tertinggi pada indikator kefasihan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan nilai </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pearson Product Moment</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> menunjukan r </span></span><sub><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">xy</span></span></sub><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> = 0,30; </span><span style="vertical-align: inherit;">Koefisien determinasi sebesar 9,1%; </span><span style="vertical-align: inherit;">dan t </span></span><sub><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">hitung</span></span></sub><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">= 3341&gt; t </span></span><sub><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">tabel</span></span></sub><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> = 1.585. </span><span style="vertical-align: inherit;">Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa dengan tingkat rendah</span></span></p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 Baiq Hesti Yuliatin, Agus Abhi Purwoko, Muntari Muntari, Mutiah Mutiah https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2744 Pengembangan E-Modul Berbasis Tiga Level Representasi Pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas XI 2021-12-08T07:13:57+08:00 Rabiatul Adawiyah adawiyah201199@gmail.com Dwi Laksmiwati dwilaksmiwati@unram.ac.id Supriadi Supriadi supriadi_fkip@unram.ac.id Mutiah Mutiah mutiahunram@unram.ac.id <p align="center">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul berbasis tiga level representasi pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI yang sudah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&amp;D <em>(Research and Development</em>) model 4D. Subjek penelitian ini terdiri dari dua dosen pendidikan kimia dan satu guru kimia SMA Negeri 1 Praya Timur sebagai penguji kelayakan e-modul berbasis tiga level representasi. Sedangkan uji coba skala kecil dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 1 Praya Timur. Pengujian kelayakaan e-modul dari validator 1 diperoleh sebesar 76% (kriteria cuku valid), validator 2 diperoleh sebesar 81% (kriteria cukup valid) dan validator 3 diperoleh sebesar 75% (kriteria cukup valid), penilaian uji keefektifan dari hasil belajar siswa diperoleh sebesar 80,8% (kriteria sangat efektif), dan penilaian kepraktisan e-modul dari angket respon siswa diperoleh sebesar 94% (kriteria sangat praktis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis tiga level representasi pada materi kesetimbangan kimia untuk kelas XI yang dikembangkan layak, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada kondisi pademi Covid-19.</p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 rabiatul adawiyah https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2760 Efektivitas Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terhadap Minat Belajar Siswa 2021-12-08T07:13:57+08:00 Tsaqifa Hanif Yonifirnandita tsaqifahanif77@gmail.com Aliefman Hakim aliefmanhakim27@gmail.com Yunita Arian Sani Anwar yunita@unram.ac.id Muntari Muntari muntari_unram@yahoo.com <p align="center">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi <em>WhatsApp Group</em> terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA yang terbagi dalam 8 kelas, sedangkan sampelnya adalah 57 siswa yang diambil secara <em>purposive. </em>Data diambil melalui angket minat belajar siswa yang terdiri dari 4 indikator penilaian, yaitu: 1) perasaan senang; 2) ketertarikan; 3) perhatian siswa; dan 4) keterlibatan siswa. Hasil penelitian diukur dengan menggunakan uji persentase dengan rata-rata persentase sebesar 66.40% dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi <em>WhatsApp Group</em> efektif digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran jarak jauh khususnya di masa pandemi COVID-19.</p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 Tsaqifa Hanif Yonifirnandita, Aliefman Hakim, Yunita Arian Sani Anwar, Muntari Muntari https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2800 Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Aplikasi Android pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit 2021-12-08T07:13:57+08:00 Rizky Jasahuldia rizkyjasa945@gmail.com Jeckson Siahaan siahaanj@unram.ac.id Dwi Laksmiwati laksmiwati@unram.ac.id I Nyoman Loka lokachem@unram.ac.id <p>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan modul pembelajaran kimia berbasis aplikasi android pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian ini terbatas hanya sampai 5 tahap yaitu riset dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji lapangan produk awal dan revisi produk awal. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas X MIPA SMAN 1 Keruak yang diambil secara random proporsional yang terdiri dari 10 siswa kelas X MIPA 1, 10 siswa kelas X MIPA 2, 10 siswa kelas X MIPA 3 dan 10 siswa kelas X MIPA 4. Hasil penilaian kelayakan oleh ketiga validator menggunakan indeks Aiken diperoleh nilai V=0,88 yang menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis aplikasi android pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit sangat layak untuk diujicobakan. Hasil uji kepraktisan yang diperoleh dari angket respon siswa menunjukkan rata-rata kepraktisan untuk semua aspek sebesar 82% yang berarti bahwa modul yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan. Secara umum, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis aplikasi android pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dikembangkan bersifat sangat layak dan praktis.</p><p> </p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 Rizky Jasahuldia https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2801 Hubungan antara Penggunaan Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Kimia pada Era Wabah Covid-19 2021-12-08T07:13:57+08:00 Noni Pratiwi nonipratiwi28@gmail.com Wildan Wildan wildanfkip@unram.ac.id I Nyoman Loka lokachem@unram.ac.id Muntari Muntari muntari@unram.ac.id Penelitian deskriftif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan hubungan antara penggunaan fasilitas belajar dengan motivasi belajar kimia pada era wabah Covid-19 pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pringgarata tahun 2021 dengan menggunakan metode penelitian survei. Adapun rancangan dalam penelitian ini ialah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian berjumlah 90 siswa. Jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa yang diambil menggunakan teknik <em>cluster sampling. </em>Pengumpulan data menggunakan angket yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan fasilitas belajar dengan motivasi belajar siswayang ditunjukkan oleh persamaan regresi à ¶ = 15,162 + 0,671X dengan koefisien korelasi(rxy) = 0,529. Kontribusi penggunaan fasilitas belajar 28,04% terhadap motivasi belajar. 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 Noni Pratiwi https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2923 Pengembangan Media Demonstrasi Kimia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pemisahan Kimia Melalui Lesson Study 2021-12-08T07:13:57+08:00 Muti'ah Muti'ah mutiahkimia@yahoo.co.id I Nyoman Loka lokachem@unram.ac.id Muntari Muntari muntari@unram.ac.id <p>Penelitian ini tentang penerapan media demonstrasi kimia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pemisahan Analitik. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus melalui pendekatan Lesson Study yang terdiri dari perencanaan/<em>plan</em>, pelaksanaan-observasi/<em>do</em>, dan refleksi/<em>see</em>.Pengumpulan data diperoleh berdasarkan hasil wawancara yang bersifat kolaboratif dalam diskusi antar tim pada kegiatan <em>plan, do</em> dan <em>refleksi</em>, serta data hasil belajar mahasiswa. . Hasil analisis data dalam kegiatan plan dan see selama 2 siklus menunjukkan adanya perubahan dinamis yang ditunjukkan oleh: (1) perubahan sikap positif tim pengajar: terbentuk rasa kolegalitas, bersikap terbuka, belajar dari pengalaman nyata, adanya kerjasama untuk mengembangkan, saling membagi ide baru dan membuktikannya. (2) Ditemukannya 4 formulasi efektif dalam penggunaan media demonstrasi kimia–gambar power point yaitu: penguasaan materi, terjangkau seluruh mahasiswa, sinkronisasi hasil demonstrasi–gambar pada power point, dan ketersediaan waktu. (3) Adanya peningkatan perhatian, aktivitas, dan motivasi dalam pembelajaran. (4) adanya peningkatan pemahaman mahasiswa dalam mengidentifikasi fasa gerak dan fasa diam, mengevaluasi terjadinya pemisahan komponen, dan interpretasi data percobaan dari 51 hingga 82 pada siklus I dan dari 49 menjadi 84 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam mengembangkan media demonstrasi kimia pada pembelajaran Pemisahan Analitik yang berkualitas </p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 muti'ah muti'ah https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2563 Isolasi Enzim Lipase dari Endosperma Kelapa Sebagai Bahan Referensi Petunjuk Praktikum Biokimia 2021-12-08T07:13:57+08:00 Khatmizarullah Khatmizarullah izankhan17@gmail.com Lalu Rudyat Telly Savalas telly@unram.ac.id Yunita Arian Sani Anwar yunita@unram.ac.id Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Langkah-langkah isolasi enzim lipase dari endosperma kelapa, 2) Tingkat kelayakan dan kepraktisan petunjuk praktikum Biokimia I tentang isolasi enzim lipase dari endosperma kelapa. Penelitian ini merupakan penelitian <em>Reasearch and Development</em> dengan desain penelitian mengikuti model 4D (<em>define, design, develop</em>, dan <em>disseminate</em>). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa program studi pendidikan kimia tahun akademik 2019/2020 yang telah memprogramkan mata kuliah Biokimia I, sedangkan sampelnya adalah 20 mahasiswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas (kelayakan) menggunakan indeks Aiken (V) sebesar 0,73 dari empat validator, yang menunjukkan bahwa petunjuk praktikum yang dikembangkan tergolong valid dan layak untuk digunakan. Tingkat kepraktisan petunjuk praktikum diukur dari respon mahasiswa dan dosen. Hasil analisis respon mahasiswa dan dosen menunjukkan tingkat kepraktisan petunjuk praktikum yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum Biokimia I tentang isolasi enzim lipase dari endosperma kelapa yang dikembangkan bersifat layak dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 Khatmizarullah Khatmizarullah, Lalu Rudyat Telly Savalas, Yunita Arian Sani Anwar https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2583 Pengaruh Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik 2021-12-08T07:13:57+08:00 Baiq Rohmi Masban baiqrohmimasban@gmail.com <p class="JIPIAbstractBodyEnglish">Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19. Kebijakan social distancing menyebabkan pembelajaran luring harus dikurangi dan diganti dengan pembelajaran daring. Tetapi pembelajaran menggunakan media daring (Google Classroom) di SMA Negeri 1 Sakra ternyata membuat peserta didik menjadi kurang termotivasi untuk belajar. Kurangnya motivasi ini menyebabkan nilai ulangan peserta didik pada mata pelajaran kimia bisa dibilang sangat mengecewakan (sangat rendah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran Blended learning Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Sel volta di SMA Negeri 1 Sakra dengan metode penelitian pre experiment dan rancangan penelitian one group pretest Posttest design. Subyek penelitian berjumlah 30 orang yaitu kelas XII MIPA1 SMA Negeri 1 Sakra Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menggunakan pembelajaran blended learning. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kuesioner untuk motivasi belajar dan instrumen tes berbentuk pilihan ganda untuk pemahaman konsep. Data yang diperoleh di uji menggunakan uji N-Gain, dan diuji normalitas dan homogenitasnya. Penggunaan pembelajaran blended learning, meingkatkan motivasi belajar dari rata-rata 63.24 menjadi 81.16 dan hasil belajar meningkat dari 35.1 menjadi 75.6. Penggunaan pembelajaran blended learning, memberikan kontribusi sebesar 47% (Nilai N-Gain = 0.47) terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik dan memberikan kontribusi sebesar 61% (Nilai N-Gain = 0.61) terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik di kelas XII MIPA1 SMA Negeri 1 Sakra. Data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen karena karena nilai L<sub>hitung</sub> &lt; L<sub>tabel</sub> dan F<sub>hitung</sub> &lt; F<sub>tabel</sub>, sehingga Hâ‚€ diterima pada taraf signifikansi 5% (α = 0.05).</p><p> </p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 B. Rohmi Masban https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2728 Pengembangan Buku Saku Bentuk Elektronik Berbasis Mind Mapping pada Materi Laju Reaksi 2021-12-08T07:13:57+08:00 Sanjangi Ailillah ailillahsanjangi@gmail.com Eka Junaidi ekajuned@unram.ac.id Aliefman Hakim aliefmanhakim27@gmail.com Saprizal Hadisaputra rizal@unram.ac.id <p align="center"> </p><p>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Validtas dari buku saku elektronik berbasis <em>mind mapping</em> pada materi laju reaksi kelas XI MIPA yang dikembangkan. (2) Kepraktisan dari buku saku elektronik berbasis <em>mind mapping</em> pada materi laju rekasi kelas XI MIPA yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah 4D (<em>define, design, develop, dissemination</em>). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Utan dengan sampel sebanyak 20 orang secara acak yang kemudian dijadikan responden untuk uji coba terbatas terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,73 dengan kategori valid dan menunjukkan bahwa buku saku bentuk elektronik berbasis <em>mind mapping</em> yang dikembangkan layak digunakan. Kepraktisan buku saku bentuk elektronik berbasis <em>mind mapping</em> yang dikembangkan dapat dilihat dari respon siswa dengan rata-rata kepraktisan sebesar 88,95% dengan kategori sangat praktis dan menunjukkan bahwa buku saku bentuk elektronik berbasis <em>mind mapping</em> yang dikembangkan sangat praktis digunakan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa buku saku bentuk elektronik berbasis <em>mind mapping</em> pada materi laju reaksi kelas XI MIPA yang dikembangkan bersifat valid dan sangat praktis untuk digunakan.</p><p> </p> 2021-11-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2021 sanjangi ailillah, Eka Junaidi, Aliefman Hakim