Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Gunungsari Tahun Ajaran 2016/2017
DOI:
10.29303/jpft.v5i2.1171Diterbitkan:
2019-12-09Terbitan:
Vol 5 No 2 (2019): Juli-DesemberKata Kunci:
inquiry learning model, experimental methodArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
This research aims to determine the effect of inquiry learning model with experimental methods towards the result of physics learning of students SMAN 1 Gunungsari academic year 2016/2017. This type of research is a quasi experimental research with pretest-postest control group design. Sampling was done using purposive sampling technique. The results of this research are learning outcomes in the cognitive domain while for the affective domain, and psychomotor as supporting data. The instrument used to measure the learning outcomes in the cognitive domain is an objective test that firstly tested the validity, reliability, differentiation, and degree of difficulty. The average grade of the experimental class's learning result is 68.06 and the control class is 56.25. The result of prerequisite analysis test shows that post test data are normal and homogeneous distributed so that statistic test used is parametric statistic t-test polled varians with t test criterion, and obtained t count equal to 3,95 and t table equal to 2.00 at 5% significant level. Therefore t count is bigger than t table then Ho is rejected and Ha accepted, so there is influence of inquiry learning model with experiment method towards the result of physics learning of students SMAN 1 Gunungsari academic year 2016/2017.
Referensi
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azmi, M. K., Rahayu, S., Hikmawati. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (2), 86-94.
Djamarah. S. B, & Zain A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka.
Hayati, S. N., Hikmawati, Wahyudi 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3 (1), 48-54.
Hartono, R. 2014. Ragam Model Pembelajaran yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: DIVA Press.
Hikmawati, Kusmiyati, Sutrio, Kurniawan, E, Sakdiyah, H. 2018. Implementasi Metode Real Experiments Dan Virtual Experiments Pada Pembelajaran Fisika Di SMAN 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4 (2), 185-191.
Jufri, A. W. 2010. Belajar dan pembelajaran sains. Lombok Barat: Arga Puji Press.
Prasetyo, Z. K., Wahyana, Mundilarto, Subiakto, Abdul Aziz Abdullah, Kartoyo, Jumadi, Warsono, Suparwoto. 2004. Materi Pokok Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Septiana, I. S., Harjono, A., Hikmawati. 2018. Pengaruh Model Learning Cycle 5e Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4 (1), 7-15.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyuni, R. Hikmawati, Taufik, M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (4), 164-169.
Biografi Penulis
Sumarni Sahrudin, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Wahyudi Wahyudi, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Hikmawati Hikmawati, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).