PENYUSUNAN RPP-EES BERDASARKAN SE MENDIKBUD NOMOR 14 TAHUN 2019 DI SD NEGERI 03 MAKONG

Eliana Yunitha Seran, Imanuel Sairo Awang, Adpriyadi Adpriyadi

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan bertujuan untuk memberi pemahaman secara filosofi dan operasional tentang penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Efektif, Efisien, dan Student Oriented (EES) sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 14 Tahun 2019. Pelaksanaan PKM dilakukan dengan metode sosialisasi dan simulasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pada tahap sosialisasi, guru memahami secara fiosofis pemberlakuan kurikulum 2013 terutama pada jenjang sekolah dasar. Selain itu, para guru juga mampu menyusun RPP-EES sesuai dengan format yang diberikan oleh kemntrian pendidikan dan kebudayaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, kegiatan PKM yang berjudul Penyusunan RPP-EES berdasarkan SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 di Sekolah Dasar 03 Makong, Kabupaten Sintang, kalimantan barat berlangsung dengan efektif.

Full Text:

PDF

References

Kemdikbud. (2013). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.

Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemdikbud. (2019). Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Krissandi, A.D.S., & Rusmawan. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan. Th. XXXIV. No. 3.

Riana, I.G.A., Agung, A.A.G., & Parmiti, D.P. (2016). Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) Untuk implementasi kurikulum 2013 di sd negeri 3 banjar jawa kecamatan buleleng tahun pelajaran 2015/2016. Journal Edutech Undiksha. 5(2), 1-10

Wahyuni, S. dan Ibrahim, S.A. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa

Berkarakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.