IMPLEMENTASI LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY MGMP MATEMATIKA SMP KECAMATAN SANDUBAYA MATARAM
Authors
Sripatmi Sripatmi , Ratih Ayu Apsari , Nourma Pramestie Wulandari , Ulfa Lu'luilmaknun , Nilza Humaira SalsabilaDOI:
10.29303/jppm.v4i3.2778Published:
2021-08-01Issue:
Vol. 4 No. 3 (2021): AgustusArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Lesson Study for Learning CommunityÃÂ (LSLC) merupakan salah satu usaha pembinaan pada profesi pendidik, yang menekankan pentingnya pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan Implementasi LSLC ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Matematika SMP yang tergabung dalam MGMP pokja Cakranegara-Sandubaya Mataram berkaitan dengan: i) pengertian dan fungsi, serta praktik LSLC; ii) dalam merancang (plan), melaksanakan (do), refleksi (see), dan re-design pembelajaran; iii) membangun kolegialitas antar guru-guru matematika SMP dalam membelajarkan peserta didik melalui tukar pengalaman melalui Implementasi LSLC. Kegiatan ini menggunakan beberapa metode, yaitu: Ceramah, Tanya jawab, Simulasi, Diskusi, serta melakukan pendampingan saat guru-guru matematika melaksanakan tahapan LSLC secara luring dan daring dalam 2 siklus. Hasil dari kegiatan pengabdian dapat menambah pemahaman dan keterampilan peserta pada: i) pengertian dan fungsi, serta praktik LSLC; ii) membuat dan menggunakan aplikasi komunikasi digital dalam kegiatan pembelajaran daring dan memanfaatkan aplikasi komunikasi digital tersebut dalam Implementasi LSLC; iii) kegiatan plan, do, see, dan re-design pembelajaran seperti yang diatur di kurikulum tahun 2013 dan instruksi menteri Pendidikan dan Kebudayaan; iv) peningkatan kolegialitas antar guru-guru matematika SMP yang tergabung dalam pokja Cakranegara-Sandubaya Mataram dalam membelajarkan peserta didik melalui tukar pengalaman.References
AECT. (1986). Instructional Technology: The Definition and Domains of The Field. Terjemahan Yusufhadi, dkk. Jakarta: IPTPI dan LPTK.
Arthaningsih, N.K.J. & Diputra, K.S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4).
Astuti, D. & Fitriyani, H. (2018). Pendampingan Lesson Study untuk Menciptakan Learning Community bagi Guru Matematika di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).
Anwar, R.K. & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan (Studi Kasus pada Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Dhamrkarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 6(3).
Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction (Seventh Edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Herlina, R. (2018). Pengembangan Profesional Guru Matematika SMA Melalui Sistem LSLC pada Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniawan, R., Putri, R.I.I., & Sunaryati. (2020). Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Menggunakan PMRI melalui LSLC pada Materi Gradien. Jurnal Elemen, 6(2).
Kusuma, J.W. & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).
Octriana, I., Putri, R.I.I., & Nurjannah. (2019). Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Pola Bilangan menggunakan PMRI Dan LSLC. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2).
Rohaeti, E. & Hendriana, H. (2016). Penguasaan Guru Matematika Sekolah Menengah terhadap Pembelajaran Inovatif Berbasis Penelitian melalui Kegiatan Lesson Study. Edusentris, 3(3).
Setyaningsih, L. (2018). Pelaksanaan Lesson Study for Learning Community di MGMP Matematika SMP Kota Malang Tahun 2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2).
Situmorang, Kustanti, Putri, R.I.I., & Lelyana, C.K. (2020). Analisis HOTS Siswa pada Materi Pola Bilangan menggunakan Pendekatan PMRI melalui Sistem LSLC. Jurnal Elemen, 6(2).
Soedijarto. (1993). Memantapkan Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.
Spires, H.A., Pau, C.M., & Kerkhoff, S.N. (2018). Digital Literacy for The 21st Century in Encyclopedia of Information Science and Technology (Fourth Edition). Khosrow-Pour, M. (Eds). Hershey, PA: IGI Global.
Subadi, T. (2013). Lesson Study sebagai Inovasi Pendidikan. Solo: Kafilah Publishing.
Suhaedi, D. & Harahap, E. (2018). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Lesson Study: Sebuah Perspektif. Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(1).
Tadanugi, F.A. (2015). Efektivitas Lesson Study Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2).
Tuerah, P.E.A. (2014). Dampak Lesson Study terhadap Mata Pelajaran Matematika SMP Sulawesi Utara. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(2).
Vitantri, C.A., & Asriningsih, T.M. (2016). Efektivitas Lesson Study pada Peningkatan Kompetensi Calon Guru Matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).
Author Biographies
Sripatmi Sripatmi, Universitas Mataram
Ratih Ayu Apsari, Universitas Mataram
Nourma Pramestie Wulandari, Universitas Mataram
Ulfa Lu'luilmaknun, Universitas Mataram
Nilza Humaira Salsabila, Universitas Mataram
License
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).