Analisis Berpikir Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Matematika
Authors
Citra Faradillah , Nyoman Sridana , M. Gunawan SupiarmoDOI:
10.29303/jm.v7i4.10494Published:
2025-12-15Issue:
Vol. 7 No. 4 (2025): DesemberKeywords:
Berpikir Komputasional, Pemecahan Masalah, KontekstualArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Berpikir komputasional merupakan salah satu keterampilan kunci yang perlu diajarkan kepada semua siswa karena berperan penting membentuk cara berpikir logis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa dalam memecahkan masalah kontekstual matematika siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian yaitu 6 siswa terpilih dari 33. Data penelitian terdiri atas jawaban siswa dan hasil wawancara semi terstruktur. Proses berpikir komputasional siswa dilihat melalui indikator dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir algoritma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir komputasional kategori tinggi mampu menyelesaikan masalah hingga tahap berpikir algoritma, meskipun masih terdapat kesalahan. Siswa pada kategori sedang umumnya juga mencapai tahap algoritma, namun sebagian hanya berhenti pada tahap pengenalan pola dan masih ditemukan kesalahan. Sementara itu, siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu memenuhi sebagian tahap dekomposisi sehingga tampak lemah pada seluruh indikator.
References
Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.83
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56
Christi, S. R., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(4), 12590–12598. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2246
Hadi, A., Ansori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Pena Persada. https://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/167/1/Abd%20Hadi_Penelitian%20Kualitatif.pdf
Haliza, V. N., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegraan dalam Menjawab Tantangan Masa Depan Bangsa Ditengah Arus Globalisasi. 3. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1615
Iskandar, A. (2017). Teknik Analisis Validitas Konstruk dan Reliabilitas instrument Test dan Non Test Dengan Software LISREL. https://doi.org/10.31227/osf.io/nbhxq
ITU. (2015). ICT Facts and Figures – The World in 2015. https://www.itu.int/en/ITU-D/Statistics/Documents/facts/ICTFactsFigures2015.pdf
ITU. (2021). Measuring digital development—Facts and figures 2021. https://www.itu.int/en/ITU-D/Statistics/Documents/facts/FactsFigures2021.pdf
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5149
Kurniasih, A. W. (2016). Budaya Mengembangkan Soal Cerita Kontekstual Open-Ended Mahasiswa Calon Guru Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. PRISMA. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21421
Lestari, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 178–188. https://doi.org/10.32938/jipm.6.2.2021.50-57
Maxwell, J. A. (2012). Designing a Qualitative Study. In Qualitative Research Design: An Interactive Approach (pp. 214–222). https://www.researchgate.net/publication/320353627_Qualitative_research_design_An_interactive_approach
Mubarokah, H. R., Pambudi, D. S., Lestari, N. D. S., Kurniati, D., & Jatmiko, D. D. H. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Tipe AKM Materi Pola Bilangan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 343. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8013
Muniroh, L., & Buchori, A. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 49–58. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.704
Nilamsari, N., & Astutik, E. P. (2021). Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi SPLDV Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 37. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.37-44
Prasetiawan, Moh. J., Mulyadi, Dr. E., & Aliftitah, S. (2019). Pemahaman Tentang Hak Dan Kewajiban Peserta Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Ganding Sumenep. Journal Of Health Science (Jurnal Ilmu Kesehatan), 4(2), 25–27. https://doi.org/10.24929/jik.v4i2.708
Putra, K. H. N., Suparta, I. N., & Sudiarta, I. G. P. (2025). Developing Interactive E-Module to Enhancing Mathematical Problem-Solving Ability through Computational Thinking. International Journal of Education, 3(1). https://doi.org/10.58578/IJEMT.v3i1.5207
Rambe, & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Ramdhani, M., & Pujiastuti, E. (2025). Peningkatan Computational Thinking Melalui Bahan Ajar Interaktif Etnomatematika Berbantuan Scratch dengan Model CBL. 8.
Simanjuntak, E., Armanto, D., & Dewi, I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11. https://doi.org/10.24114/jfi.v4i1.46106
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-kuantitatif/
Supiarmo, Mardhiyatirrahmah, L., & Turmudi. (2021). Pemberian Scaffolding untuk Memperbaiki Proses Berpikir Komputasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 368–382. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.516
Supiarmo, Turmudi, & Susanti, E. (2021). Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning. 8. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1378
Susanti, E., Supiarmo, M. G., Turmudi, & Harini, S. (2025). Transformation Of The Computational Thinking Process Of Students To Solve Mathematical Problems Through Reflection. Matematika Dan Pembelajaran, 13(1), 129–154. https://doi.org/10.33477/mp.v13i1.8210
Wing. (2006). Computational thinking of the ACM. Association for Computing Machinery, 49. https://doi.org/10.1145/1118178.1118215
Wing. (2017). Computational Thinking’s Influence on Research and Education for All. Italian Journal of Educational Technology, 1(1). https://doi.org/10.17471/2499-4324/922
License
Copyright (c) 2025 Citra Faradillah, Nyoman Sridana, M. Gunawan Supiarmo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





