Pengembangan LKPD berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kelas V SD/MI
Authors
Muhammad Daris , Noor Fajriah , Rahmita NoorbaitiDOI:
10.29303/jm.v7i4.10619Published:
2025-12-06Issue:
Vol. 7 No. 4 (2025): DesemberKeywords:
LKPD, Penjumlahan Pecahan, Pengurangan Pecahan, Culturally Responsive TeachingArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang memiliki keterkaitan kuat dengan kehidupan sehari-hari. Namun, kurangnya bahan ajar kontekstual di sekolah membuat siswa kesulitan memahami konsep matematika secara efektif. Lembar kerja peserta didik (LKPD) yang ada juga sering kali tidak mengaitkan materi dengan latar belakang budaya siswa. Selanjutnya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan LKPD berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan mengangkat konteks budaya berupa kue tradisional Banjar Putri Selat, Lapis India, Sarimuka, dan Amparan Tatak. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi untuk mengukur tingkat validitas, angket respons peserta didik untuk mengukur kepraktisan, dan tes hasil belajar untuk mengukur efektivitas. Produk diuji coba pada 25 peserta didik di SDN Kelayan Dalam 2 Banjarmasin. Hasil validasi oleh dua orang ahli menunjukkan skor 3,77 yang termasuk kategori sangat valid. Skor angket respons peserta didik sebesar 3,38 termasuk kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa 92% peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berarti produk tersebut efektif.
References
Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1–12.
Aristiantika, R., & Widiono, A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD Al-Islam Pengkol Jepara. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 14970–14979.
Azryasalam, A., Friska, S. Y., & Purwanto, K. (2020). Pengaruh model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(1), 40–47.
Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. 3(3), 486–492.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer.
Enjelina, R. F., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.69533/t35nhb59
Faried, M., Pasani, C. F., & Amalia, R. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Soal Cerita Kontekstual Materi Pecahan di Kelas VII SMP. JURMADIKTA, 4(3), 97–104. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i3.2820
Febdhizawati, E. H., Buchori, A., & Indiati, I. (2023). Desain E-Modul Flipbook Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5233–5241.
Fitriya, A. N., Indriani, D. A., Setiani, F., Pujianti, R., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan SD 1 Barongan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 205–211.
Friska, S. Y., & Nanda, D. W. (2022). Pengembangan LKPD Melalui Model Realistic Mathematic Education Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 313–324.
Hariyadi, N. S., Zulkarnain, I., & Amalia, R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Pola Bilangan Berbasis Masalah Kontekstual Budaya Banjar Kelas VII SMP/MTs. JURMADIKTA, 3(3), 11–22. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i3.1822
Hernita, L. V., Istihapsari, V., & Widayati, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI-2 SMAN 2 Bantul dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Google Sites. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 415–421.
Hobri, H. (2010). Metodologi penelitian pengembangan (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Jember: Pena Salsabila.
Isnaniah, I., Firmanto, P., & Imamuddin, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Budaya Minangkabau Pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2605–2619. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2256
Kadir, & Asma, A. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika materi bangun datar dengan pengintegrasian budaya lokal permainan Cenge’-Cenge’. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(3), 305–317. https://doi.org/10.26877/aks.v14i3.17503
Khair, S. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Dan Urutannya Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN 2.3 Ribang Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. Jurnal Langsat, 4(1), 81–88.
Khasanah, I. M. (2023a). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. ALIFBATA: Journal of Basic Education, 3(2), 7–14.
Khasanah, I. M. (2023b). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. ALIFBATA: Journal of Basic Education, 3(2), 7–14.
Mahliza, A., & Rahayu, N. (2023). ANALISIS PENGIMPLEMETASIAN SOAL PECAHAN DI KEHIDUPAN KESEHARIAN ANAK KELAS V SD NEGERI ALUE PUNTI KALOY. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 105–110. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.519
Malianor, St., Mawaddah, S., & Amalia, R. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Perbandingan Berbasis Budaya Banjar Untuk Siswa SMP KELAS VII. JURMADIKTA, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1220
Maryono, M., Sinulingga, K., Nasution, D., & Sirait, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kultur Budaya Jawa Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 13–24.
Miskiyyah, Z. M. Z., & Buchori, A. (2023). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 281–289.
Noorbaiti, R., Fajriah, N., & Sukmawati, R. A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (VAK) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII E MtsN Mulawarman Banjarmasin. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 108–116.
Pebriyanti, A. D., Siburian, M. E., Romadona, S. M. U., & Budi, V. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Cerita Animasi “Si Kabayan Mencari Keong Sawah” pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Berat. Trigonometri: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 1–10.
Putri, H. Y. R., Sulistyono, B. A., Handayani, A. D., & Jatmiko. (2024). Pengembangan Modul dengan Pendekatan React pada Materi SPLDV di SMPN 2 Banyakan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 709–722.
Rahmawan, A., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR OPERASI HITUNG PECAHAN BERKONTEKS RESEP WADAI BANJAR DENGAN PENDEKATAN TARL UNTUK SISWA SD/MI. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 190–201.
Rahmawati, H., Karim, K., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Pada Materi Teorena Pythagoras Kelas VIII SMP/MTS. JURMADIKTA, 2(3), 20–30. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1374
Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada operasi hitung pecahan pada siswa kelas v sdn pengawu. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 129–144.
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suhendri, H., & Ningsih, R. (2018). Peranan Ketahanmalangan dan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 31–40.
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wulandari, L., & Fatmahanik, U. (2020). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Materi Pecahan pada Siswa Berkemampuan Awal Tinggi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43–57. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.312
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Daris, Noor Fajriah, Rahmita Noorbaiti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





