Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Mataram

Septia Hariyanti, Arjudin Arjudin, Baidowi Baidowi

Abstract

Abstract

This research aims to: (1) Describe learning achievement in mathematics of students at class XI SMA Negeri 10 Mataram after media of learning was applied and (2) know the effectiveness of the media learning towards achievement of students in mathematics at class XI SMA Negeri 10 Mataram academic year 2019/2020. The type of this research was designed using one of the forms of pre-experimental design that was a one-shot case study. The subject of this research were students of XI SMA Negeri 10 Mataram which consisted of 112 students, where XI MIPA 2 was an experimental class. The results of those data were obtained by giving a post-test to the experiment class. Analysis data included descriptive analysis and inferential analysis of test by using a one-sample right-tailed t-test to know the effectiveness of the learning media on students’  mathematics learning achievement. The results showed that 13 students were higher than MMC (Minimum Mastery Criteria) and belong to the good category with  61.9%, 8 students were lower than MMC and belong to less category with  38.1%, and no one student got very less category or 0%. Data analysis results were concluded that media of learning was effective on the learning achievement in mathematics of students at class XI SMA Negeri 10 Mataram academic year 2019/2020.

Abstrak

Negeri 10 Mataram setelah diterapkan media pembelajaran dan (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 10 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian eksperimen ini dirancang dengan menggunakan salah satu bentuk desain penelitian pre-experimental design yaitu oneshot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Mataram yang berjumlah 112 siswa, di mana kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian post-test kepada kelas eksperimen. Analisis data meliputi analsisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji t satu sampel pihak kanan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 13 siswa memiliki nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) berada pada kategori baik dengan persentase 61,9%, 8 siswa memiliki nilai di bawah KKM berada pada kategori kurang dengan persentase 38,1%, dan tidak ada siswa berada pada kategori sangat kurang karena memiliki persentase 0%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran efektif terhadap prestasi  belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 10 Mataram tahun ajaran 2019/2020.

Keywords

Effectiveness; Media; Achievement; Mathematics Learning

Full Text:

PDF

References

Ekawati, E., & Sumaryanta. (2011). Pengembangan instrumen penilaian pembelajaran matematika SD/SMP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Faizah, H., & Astutik, E. P. (2017). Efektivitas lembar kerja siswa (LKS) berbantuan software geogebra pada materi program linier. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 108. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/2109.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.