Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis

Rizki Agustina Sari, Reni Untarti

Abstract

Abstract

Mathematical creative thinking ability is a critical ability in learning mathematics, especially in solving mathematical problems. This research is a qualitative descriptive study that aims to describe the mathematical creative thinking skills based on the mathematical resilience of grade VII F students of SMP Negeri 1 Banyumas. The research subjects were grouped into 3 categories, namely high, medium, and low mathematical resilience categories. The sampling technique used purposive sampling by taking 3 people each in each category to become respondents. Data collection was done by giving questionnaires, written tests, interviews, and documentation which were carried out online. The data analysis technique was done by reducing the data, presenting the data, and drawing conclusions. The results showed: (1) students in the high mathematical resilience category were able to provide a variety of different solutions, as well as come up with new ideas with systematic and detailed answers, (2) students in the moderate mathematical resilience category were able to provide more than one different solution with systematic answers but not detailed, and (3) students in the low mathematical resilience category can solve mathematical problems with systematic.Keywords: Mathematical Creative Thinking Skills; Mathematical Resilience

 

AbstrakKemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika, terlebih dalam penyelesaian permasalahan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan pada resiliensi matematis siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Banyumas. Subyek penelitian dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu kategori resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan mengambil masing –masing 3 orang pada setiap kategori untuk dijadikan responden. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara online. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa kategori resiliensi matematis tinggi mampu memberikan berbagai penyelesaian berbeda, serta memunculkan ide baru dengan jawaban yang sistematis dan terperinci, (2) siswa kategori resiliensi matematis sedang mampu memberikan lebih dari satu penyelesaian yang berbeda dengan jawaban yang sistematis namun tidak rinci, dan (3) siswa kategori resiliensi matematis rendah mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan jawaban yang sistematis.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Resiliensi Matematis

Keywords

Mathematical Creative Thinking Skills; Mathematical Resilience; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Resiliensi Matematis

Full Text:

PDF

References

Alfafah, A. N., Aniswita & Firmanti, P.(2019).Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII.C di SMP Negeri 1 Bukittinggi.Journal for Research in Mathematics Learning (JURING),2(3),257 – 264.

Ansori, A., & Hindriyanto, Y.(2020).Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Resiliensi Matematis Siswa.Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM),5(2),253 – 262.

Asih, K. S., Isnarto., Sukestiyarno & Wardono.(2019).Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika.Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA),2,862 – 868.

Athiyah, F., Umah, U., & Syafrudin,T.(2020).Pengaruh Mathematical Resilience Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM),5(2),223 – 234.

Dilla, S. C., Hidayat, W.,&Rohaeti, E. E.(2018).Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA.Journal of Medives,2(1),129 – 136.

Ferdiansyah, F., Suherman, E., & Yulianti, K.(2013).Penerapan Model Pembelajaran Osborn untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Online Pendidikan Matematika Kontemporer, 1(1),1 – 12.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U.(2017).Hard Skills and Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : Refika Aditama.

Hutauruk, A. JB.(2019).Perilaku Resiliensi Matematis Mahasiswa Melalui Model Problem – Based Learning dengan Pendekatan Metakognitif.Journal of Mathematics Education and Applied (SEPREN),1(1),7 – 16.

Lince, Ranak.(2016).Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together.Journal of Education and Practice,7(6),206 – 212.

Maftukhah, N. A., Nurhalim,K., & Isnarto.(2017).Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional.Journal of Primary Education,6(3),267 – 276.

Marasabessy, Rosida.(2020).Kajian Kemampuan Self Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA),3(2),168 – 183.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E.(2015).Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open – Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar.Journal Pedagogia,4(1),23 – 33.

Supriatna, A., & Zulkarnaen, R.(2019).Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA).730 – 735.

Syahrir.(2016).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME),2(1),436 – 441.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.