Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Koloid Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Mataram

Authors

  • Lusi Lolita Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Mukhtar Haris Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • I Nyoman Loka Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Koloid

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar kimia materi koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas XI IPA 7 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 6 terpilih sebagai kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab). Data prestasi belajar dikumpulkan dari hasil posttest setelah siswa memperoleh materi pelajaran koloid. Hasil posttest menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,89, sedangkan kelas kontrol sebesar 68,42. Dari hasil uji normalitas diperoleh Ãâ¡2hitung (21,52 untuk kelas kontrol dan 12,66 untuk kelas eksperimen) > Ãâ¡2tabel (12,592) yang berarti bahwa data pada kedua kelas tidak terdistribusi normal, sehingga dilakukan uji hipotesis nonparametris Mann Whitney U-Test dan diperoleh Zhitung (3,39) lebih besar daripada Ztabel (1,645) pada taraf signifikan 5% yang menunjukkan hipotesis penelitian diterima, yaitu pembelajaran berbasisà àinkuirià àterbimbingà àmemberikanà àpengaruhà àyangà àlebihà àbaikà àdaripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kimia materi koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram.

References

Fauzia, E. N. 2014. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah dan Penguasaan Konsep pada Topik Kacamata dan Lup. Jurnal Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang Vol.2, No.1.

Hanafiah, N. dan C. Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hanggara, Y. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction, Inkuiri Terbimbing dan Konvensional pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kreativitas Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Blora. Jurnal Pembelajaran Matematika Vol 1, No 1.

Rahayu, H. S., M. Suââ¬â¢aidy dan Fauziatul F. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Kimia Vol.2, No.2.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saraswati, Nym Lili. I Kt Dibia, dan I Wyn Sudiana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha.

Suyanti, Retno Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-06-17