Keefektifan Buku Panduan Praktikum IPA Terpadu SMP Berpendekatan Saintifik Dengan Berorientasi Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa
Keywords:
effectiveness of practicum guidelines, scientific, environmentAbstract
The purpose of the study was to examine the effectiveness of integrated science practicum guidelines with scientific approach and environmental oriented which was developed to enhance scientific skill process for junior high school students. This study followed the steps of Research and Development (R&D) model. The preliminary field testing was performed in SMPN 17 Mataram and the students in VII B class was chosen as subject. To gain information about the studentsââ¬â¢ science skills process, One Group Pre-Test and Post-test design have been employed to measure the studentsââ¬â¢ ability before and after the treatment. The data were analyzed using N-gain score analysis. The result showed that the studentsââ¬â¢ improve their skills in medium category (gain score 0.4). It means, the implementation of developed practicum guidelines contributed to studentsââ¬â¢ improvement in scienceââ¬â¢s process skills.References
Arifah,I., Maftukhin,A.,& Fatmaryanti,S.D. 2014. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Mengoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Radiasi, 5(1), 24-27. Terdapat pada http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/download/1658/1574
Emzir. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif.Jakarta:Rajawali Pers.
Isnaini,M. 2014. Evaluasi Kesiapan Guru Fisika Se-kota Mataram dalam Kegiatan Laboratorium, Prosiding: Seminar Nasional Temaââ¬Â Sains dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Local. IKIP Mataram.
Laelasari. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Konsep Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Tadris Kimiya, 1(1),20-26. Terdapat pada https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/article/view/1159
Lepiyanto, A. 2014. Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Praktikum. Bioedukasi, 5 (2),156-161.Terdapat pada http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/download/795/619
Maulida., R.A.N., Kusumawati, I., & Wijaya, A.K. 2018. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Ipa Berbasis Model Pembelajaran Poe (Predict Observe Explain) Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1),14-19. Terdapat pada http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF/article/view/332
Sabaryati, J., & Darmayanti, N.W. S. 2018. Pengembangan Modul Praktikum Fisika Model Guide Inquiry Berbasis Computerized Experiment Tool (Cet) Untuk Pembentukan Karakter Ilmiah Siswa. Jurnal ORBITA, 4(1),43-46. Terdapat pada http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/497/431
Sani, A.R. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bandung, Bumi Aksara.
Sumintono, B., Ibrahim, M.A., & Phang., F.A.
Pengajaran Sains dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif dari Guru-guru Sains SMPN di Kota Cimahi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2),120-127 Terdapat pada http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/291
Wahyuni, S. 2015. Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2),196-203. Terdapat pada http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/585.