Pengembangan Manual Mutu Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan

Authors

  • Lalu Zulkifli Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Mataram
  • Syafruddin Syafruddin Program Studi Pendidikan Sosiologi, FKIP Universitas Mataram,
  • Joni Rokhmat Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Mataram
  • Laila Hayati Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan dokumen manual Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Manual SPMI adalah dokumen berisi petunjuk teknis tentang cara, langkah, atau prosedur Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan (PPEPP) Standar Dikti.à Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil analisis dua orang validator diperoleh manual SPMI yang valid dan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa secara umum manual SPMI berkategori baik sehingga dapat digunakan sebagai dokumen SPMI yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan tinggi secara berkelanjutan melalui PPEPP Standar Dikti, dalam rangka menumbuhkembangkan budaya mutu

References

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Rokhmat, J. (2015). Penanaman Karakter Positif Pelajar Melalui Pembahasan Fenomena Fenomena Fisika dan Pendekatan Analogi (Hasil Kajian Perkuliahan Fisika Dasar).Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 1 (1), 52-60.

Saââ¬â¢idah, R. (2013). Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi multi kasus di SMP Islam Al-AZHAR Kelapa Gading Surabaya dan SMP Taââ¬â¢miriyah Surabaya). Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang: tidak diterbitkan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Thiagarajan,S.,Semmel, D.S.,& Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Akbar, S. (2013). Insrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemenristekdikti. 2018. Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal, Pendidikan Akademik-Pendidikan Vokasi-Pendidikan Profesi-Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Direktorat Penjaminan Mutu, Dirjen Belmawa Kemenristekdikti.

Adeyemi, M. B., Moumakwa, T. V., & Adeyemi, D. A. (2009). Teaching Character Education Across the Curriculum and the Role of Stakeholders at the Junior Secondary Level in Botswana. Study Home Comm Sci: 3(2): 97-105.

Halimah, L. 2015. Pengembangan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini. Vol 5 (1), 7-16.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat kurikulum dan Perbukuan.

Waluyo, B. M. 2018. Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Internal Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permenristekdikti 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Penjaminan Mutu.

Downloads