Penyuluhan Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Siswa di SMA Negeri 1 Lembar Kabupaten Lombok Barat

Mabrur Haslan, Dahlan Dahlan, Rispawati Rispawati, Yuliatin Yuliatin

Abstract

Bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja sangat besar pengaruhnya terhadap negara, jika sampai terjadi pemakaian besar-besaran, maka bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sakit, apabila terjadi demikian negara akan rapuh dari dalam karena ketahanan nasional merosot. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan agar khalayak sasaran, yaitu siswa SMAN 1 Lembar Kabupaten Lombok Barat dapat memahami faktor-faktor penyebab penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa, memahami dampak atau bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa dan upaya atau solusi untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja atau siswa.  Solusinya adalah dengan mengikutsertakan keluarga, menekankan secara jelas kebijakan tidak pada narkoba dan meningkatkan kepercayaan antara orang dewasa dan anak-anak. Target luaran adalah terpolanya pengetahuan dan pemahaman siswa tentang faktor-faktor, dampak dan solusi dalam mencegah terjadi penyalahgunaan narkoba. Metode pelaksanaan kegiatan adalah penyluhan dan FGD. Metode penyuluhan digunakan untuk memberikan informasi atau pengetahuan dan pemahaman siswa tentang faktor-faktor dan bahaya penyalahgunaan narkoba   bagi siswa di SMA Negeri 1 Lembar Kabupaten Lombok Barat.  Focus Group Discussion (FGD) digunakan dalam rangka mencari solusi atau upaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba bagi siswa di SMA Negeri 1 Lembar Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan hasil sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut didukung oleh beberapa faktor: (1) urgensi materi yang disampaikan oleh tim pelaksana pengabdian dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba bagi siswa SMA Negeri 1 Lembar (2) Adanya dukungan dari pihak Kepala SMA Negeri 1 Lembar dan para khalayak sasaran kegiatan. Sementara   faktor penghambat tidak menjadi penghalang namun bisa diatasi oleh tim pelaksana pengabdian, sehingga kegiatan pengabdian dapat terlaksana dan mencapai hasil sebagaimana diharapkan.

Full Text:

PDF

References

Hariyanto, B. P. (2018). Pencegahan Dan Pemberantasan Peredaran Narkoba Di Indonesia. Jurnal Daulat Hukum, 1(1).

Amanda, M. P., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja (Adolescent Substance Abuse). Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).

Suyatna, U. (2018). Evaluasi kebijakan narkotika pada 34 provinsi di Indonesia. Sosiohumaniora, 20(2), 168-176.

Purwatiningsih, S. (2001). Penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Populasi, 12(1).

Lydia Herlina Martono dan Satya Joewana, 2008, Belajar Hidup Bertanggung, Menangkal Narkoba dan Kekerasan, Jakarta, Balai Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.