Pelatihan Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Pada Guru-Guru Ma/M.Ts Pondok Pesantren Al Raisyiah Sekarbela Mataram
Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan berangkat dari fakta masih banyak kelemahan guru-guru Pondok Pesantren Al Raisyiah Sekarbela. belum mampu merancang dan menerapkan Metode Pembelajaran Inovatif secara optimal, padahal kegiatan ini merupakan salah satu ttugas guru yang professional. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan bekal kompetensi para guru MA/M.Ts Pondok PesantrenÃÂ Al Raisyiah Sekarbela. mengembangkan Metode Pembelajaran Inovatif sesuai dengan kurikulum 2013. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian ini adalah melakukan serangkaian kegiatan In Service Training (IST) dan On Service Training (OST) dalam mengembangkan Metode Pembelajaran Inovatif sesuai dengan kurikulum 2013. Kegiatan In Service Training (IST) dan On Service Training (OST) ini diikuti oleh 25 guru MA/M.Ts Pondok Pesantren Al Raisyiah Sekarbela sebagai peserta. Hasil pengabdian menunjukan (1) Secara umum Guru-Guru MA/M.Ts Pondok PesantrenÃÂ Al Raisyiah Sekarbela telah memahami konsep pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif sesuai dengan kurikulum 2013. Selain itu, rata-rata guru memahami secara komprehensif tentang bagaimana merancang metode pembelajaran Inovatif sesuai dengan kurikulum 2013. ÃÂ (2) Adanya komitmen guru untukÃÂ melakukan perubahan kerangka pikir dalam masalah pendidikan khususnya peningkatan mutu dan relevansi pendidikan melalui pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif sesuai dengan kurikulum 2013, (3) Diperolehnya skenario pengabdian dalam bentuk IST dan OST yang cukup efektif dalam membantu guru meningkatkan kompetensi para guru tentang cara mengembangkan Metode Pembelajaran Inovatif sesuai kurikulum 2013.
References
Raehang, R. (2014). Pembelajaran Aktif sebagai Induk Pembelajaran Koomperatif. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 7(1), 149-167.
Utami, R. P. (2009). Active Learning untuk mewujudkan pembelajaran efektif. Al-Bidayah Jurnal Pendidikan, 1(2), 151-166.
Baroya, E. H. (2018). Strategi pembelajaran abad 21. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 101-115.
Usman,U. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda karya
Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1).
Sudjana, D. (2001). Metode dan teknik pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production
Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).
Dolong, J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293-300.