PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI PROSES (ITBP) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA LOMBOK TIMUR
Abstract
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) dalam upaya menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja, dan bersikap ilmiah. Hasil observasi di SMPN 3 Pringgabaya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum terlatih keberaniannya untuk menyampaikan gagasan dan pendapatnya. Proses pembelajaran belum sepenuhnya melibatkan siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ITBP keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis pada materi fotosintesis. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Manova dan uji t. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Model pembelajaran ITBP berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, (2) Model pembelajaran ITBP berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, dan (3) Model pembelajaran ITBP berpengaruh secara simultan terhadap keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis.
Kata Kunci: ITBP, pemahaman, konsep IPA, keterampilan, proses sains, dan kemampuan berpikir kritis