STRATEGI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS LINGKUNGAN MELALUI KOMBINASI PEMBELAJARAN INDOOR DAN OUTDOOR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran biologi berbasis lingkungan melalui teknik kombinasi pembelajaran indoor dan outdoor. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kinerja keterampilan proses siswa melalui penerapan strategi pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, adapun strategi pembelajaran biologi yang diterapkan terdiri dari 3 urutan fase pembelajaran yang disebut fase IEI (introduksi, eksplorasi, dan interprestasi). Penggunaan teknik pembelajaran indoor dilaksanakan pada fase introduksi dan fase interprestasi, sedangkan teknik pembelajaran outdoor dilaksanakan pada fase eksplorasi. Implementasi strategi pembelajaran IEI diketahui dengan menggunakan lembar observasi pembelajaran untuk kemudian dihitung persentase keterlaksanaannya. Kinerja keterampilan proses siswa yang diukur terdiri dari lima aspek keterampilan, yaitu keterampilan mengobservasi, mengukur, mengolah data, mengkomunikasikan, dan menginferensi. Aspek Penilaian keterampilan proses siswa diukur pada saat pembelajaran indoor dan outdoor menggunakan lembar cek. Aspek keterampilan proses yang diukur pada saat pembelajaran indoor adalah aspek mengkomunikasikan dan menginferensi. Adapun aspek keterampilan proses yang diukur pada saat pembelajaran outdoor adalah aspek mengobservasi, mengukur, mengolah data, mengkomunikasikan, dan menginferensi. Hasil penelitian menujukkan bahwa persentase keterlaksanaan strategi pembelajaran biologi berbasis lingkungan pada fase introduksi adalah 78,26%, pada fase eksplorasi yaitu 70%, dan pada fase interprestasi yaitu 85,71%. Berdasarkan hasil penerapan strategi pembelajaran tersebut, diperoleh nilai rata-rata keterampilan proses siswa yaitu 77,4 yang termasuk ke dalam kategori baik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran biologi dengan menerapkan teknik kombinasi pembelajaran indoor dan outdoor dapat meningkatkan keterampilan proses siswa dan aplikatif untuk diterapkan pada jenjang SMA.
ÃÂ
Kata kunci:ÃÂ strategi pembelajaran, pembelajaran indoor, pembelajaran outdoor, keterampilan kinerja