PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL GUIDED DISCOVERY UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA
Abstract
Pemberdayaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa jenjang SMA masih sangat terbatas dilakukan oleh para guru bidang studi, termasuk didalamnya pada matapelajaran biologi.ÃÂ Disisi lain, dimilikinya keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat diperlukan oleh siswa tidak hanya dalam situasi sekolah tetapi juga untuk keperluan hidupnya di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran biologi SMA model Guided Discovery untuk memberdayakan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengembangkan silabus pembelajaran biologi SMA untuk memberdayakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, 2) mengembangkan RPP/skenario pembelajaran biologi SMA yang menerapkan model pembelajaran guided discovery sebagaimana direkomendasikan dalam kurikulum 2013, 3) mengembangkan bahan ajar biologi SMA untuk memberdayakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, 4) Mengembangkan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dapat memberdayakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan 5) Mengembangkan asesmen pembelajaran biologi SMA untuk memberdayakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk mencapai tujuan dimaksud dilakukan penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari tahapan: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan perangkat pembelajaran/produk awal, dan 3) tahap uji coba produk yang meliputi; uji ahli/validasi ahli, uji kelompok kecil pengguna produk, dan uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran biologi model Guided Discovery berupa; silabus pembelajaran, RPP/skenario pembelajaran, bahan ajar, lembar kerja siswa, asesmen pembelajaran biologi SMA berkategori baik dan berpotensi untuk memberdayakan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, biologi sma, model pembelajaran, guided discovery, kemampuan berpikir