PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TANTANGAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA KELAS XI SMAN 2 LABUAPI TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • Sabila Nur Amalina Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram, Mataram
  • A. W. Jufri Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram, Mataram
  • Lalu Japa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram, Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi model pembelajaran berbasis tantangan terhadap penguasaan konsep dan kreativitas ilmiah siswa kelas XI SMAN 2 Labuapi tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dengan pola eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Labuapi, dengan populasi berjumlah 63 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Sampel kelas dipilih dengan teknikPurposive Sampling sehingga didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, dengan sampel berjumlah 43 siswa.Tes yang digunakan yaitu tes penguasaan konsep dalam bentuk tes pilihan ganda dan tes kreativitas ilmiah dalam bentuk tes essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwaà penguasaan konsep dan kreativitas ilmiah siswa dengan model pembelajaran berbasis tantangan berbeda dengan yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran berbasis tantangan. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis tantangan secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep (t hitung= 6,19 >t tabel = 2,01) dan kreativitas ilmiah (t hitung= 7,76 >t tabel = 2,01).
à
Kata kunci: model, pembelajaran, berbasis tantangan, penguasaan konsep, kreativitas ilmiah


Downloads

Published

2018-06-08