PEMANFAATAN MODEL JURNAL BELAJAR KOTAK BERHIAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Lianto Lianto
  • A. W. Jufri
  • I. Wayan Merta

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk menguji efektivitas jurnal belajaràmodel kotak berhias (JBMKB) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitianàdilaksanakan dengan pola kuasi eksperimen dengan nonequivalent kontrol group design. Subjekàpenelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Labuapi tahun ajaran 2016/2017 yangàberjumlah 118 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive samplingàsehingga terpilih kelas X IPA 1 dan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kontrol.àInstrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian adalah angket motivasi belajar danàtes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) JBMKB efektif dalamàmeningkatkan motivasi belajar (p-value = 0,00 < ñ = 0,05) dan 2) hasil belajar siswa (p-value =à0,00 < ñ = 0,05). Dapat disimpulkan bahwa jurnal belajar model kotak berhias efektif dalamàmeningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: JBMKB, motivasi, hasil belajar, kognitif

Downloads

Published

2018-06-08