HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA KELAS XI JURUSAN IPA DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri danÃÂ cara belajar dengan hasil belajar biologi pada siswa kelas XI jurusan IPA di SMA Negeri Sekecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan padaÃÂ bulan Februari-April 2017. Metode penarikan sampel proportionale stratified random sampling.ÃÂ Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis dataÃÂ menggunakan analisis Pearson Product Moment. Hasil penelitian tingkat kemampuan akademikÃÂ siswa menunjukkan; (1) terdapat hubungan yang rendah antara konsep diri dan cara belajarÃÂ (0,230), (2) hubungan konsep diri dan hasil belajar biologi kategori rendah sebesar 0,288, (3) caraÃÂ belajar dan hasil belajar biologi kategori rendah yakni 0,342, dan (4) antar konsep diri, cara belajarÃÂ dan hasil belajar terdapat hubungan dengan kategori sedang (0,423). Berdasarkan hubungan padaÃÂ tingkat kemampuan akademik siswa untuk uji signifikan didapat bahwa; (1) kemampuan akademikÃÂ tinggi di dapat t hitung (3,782) > t tabelÃÂ (2,012), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya padaÃÂ tingkat kemampuan akademik sedang di dapat thitung (2.979) > t tabel (1,985), maka Ho ditolak HaÃÂ diterima. Serta pada tingkat kemampuan akademik rendah di dapat thitung (3,305) > t tabel (2,012),ÃÂ maka Ho ditolak dan Ha diterima. Uji signifikan berdasarkan analisis korelasi Product MomentÃÂ dengan taraf signifikan 5%. Dapat diketahui bahwa t hitung (0,711) > t tabel (0,197), maka Ho ditolak
dan Ha diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan cara belajarÃÂ dengan hasil belajar berdasarkan tingkat kemampuan akademik siswa kelas XI jurusan IPA diÃÂ SMA Negeri Se-Kecamatan Marpoyan Damai Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: konsep diri, cara belajar, hasil belajar