PENGARUH PERANGKAT PEMBELAJARAN P3BIO BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI ASESMEN OTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada perkuliahan P3 BIO, ditemukan beberapa masalah, yaitu pertama, mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami semua materi
dalam mata kuliah P3 BIO. Kedua, dosen pengampu merasa kewalahan dalam melakukan pembelajaran dan penilaian, hal ini terjadi karena materi dalam mata kuliah ini cukup banyak, semuanya harus dipelajari dan dipraktikkan, sehinggaÃÂ membutuhkan proses pembelajaran dan penilaian yang baik untuk mendukung perolehan nilai yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perangkat pembelajaran P3 BIO berbasis Portofolio sebagai asesmen otentik terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan rancangan pretest posttest only control group design. Subjek penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah P3 BIO pada semester genap tahun akademik tahun akademik 2016/2017. Analisis data menggunakan uji paired sample t test dengan bantuan SPSS
18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0.029 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perangkat pembelajaran P3 BIO berbasis portofolio sebagai asesmen otentik terhadap hasil belajar mahasiswa.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, P3 BIO, portofolio, hasil belajar