PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE KARTU MATRIK INGATAN DAN TURNAMEN (KMIT) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMA NEGERI 7 MATARAM

Authors

  • Tri Sari Wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa selama mengikutiàpembelajaran biologi dengan penerapan metode Kartu Matrik Ingatan dan Turnamen melaluiàpendekatan saintifik. Penelitian dilakukan pada kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5 semester 2àtahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebagai sampel sebanyak 64 siswa. Keaktifanàsiswa diukur melalui indikator: (1) siswa melaksanakan tugas yang diberikan secara berkelompok;à(2) kemauan siswa untuk bertanya atas permasalahan yang belum diketahui; (3) kepedulian siswaàterhadap kesulitan sesama kelompok; (4) siswa ikut serta dalam menjawab permasalahan; dan (5)àsiswa memberikan ide atau pendapat.Keaktifan siswa diukur menggunakan lembar observasiàdengan melibatkan 3 (tiga) orang guru. Data hasil pengamatan keaktifan siswa diukur denganàmenggunakan skala 4 (empat) dengan rentang 1 ââ¬â 4 dimana 1=tidak aktif, 2=kurang aktif, 3=aktif,àdan 4=sangat aktif. Data yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dalam skala nilai 1-100.àKeaktifan siswa diamati ketika siswa memperoleh pembelajaran Biologi dengan metode kartu,àmatriks ingatan, dan turnamen. Data keaktifan siswa pada setiap metode dikumpulkan masing-masing dalam 3 (tiga) kali pertemuan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa keaktifan siswaàdengan metode kartu adalah 76.76, dengan metode matrik ingatan adalah 76.14, dan denganàmetode turnamen adalah 81.8.


Kata kunci: metode kartu matrik ingatan, turnamen, dan pendekatan saintifik

Downloads

Published

2018-06-08