PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE KARTU MATRIK INGATAN DAN TURNAMEN (KMIT) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMA NEGERI 7 MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa selama mengikutiàpembelajaran biologi dengan penerapan metode Kartu Matrik Ingatan dan Turnamen melaluiàpendekatan saintifik. Penelitian dilakukan pada kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5 semester 2àtahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebagai sampel sebanyak 64 siswa. Keaktifanàsiswa diukur melalui indikator: (1) siswa melaksanakan tugas yang diberikan secara berkelompok;à(2) kemauan siswa untuk bertanya atas permasalahan yang belum diketahui; (3) kepedulian siswaàterhadap kesulitan sesama kelompok; (4) siswa ikut serta dalam menjawab permasalahan; dan (5)àsiswa memberikan ide atau pendapat.Keaktifan siswa diukur menggunakan lembar observasiàdengan melibatkan 3 (tiga) orang guru. Data hasil pengamatan keaktifan siswa diukur denganàmenggunakan skala 4 (empat) dengan rentang 1 ââ¬â 4 dimana 1=tidak aktif, 2=kurang aktif, 3=aktif,àdan 4=sangat aktif. Data yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dalam skala nilai 1-100.àKeaktifan siswa diamati ketika siswa memperoleh pembelajaran Biologi dengan metode kartu,àmatriks ingatan, dan turnamen. Data keaktifan siswa pada setiap metode dikumpulkan masing-masing dalam 3 (tiga) kali pertemuan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa keaktifan siswaàdengan metode kartu adalah 76.76, dengan metode matrik ingatan adalah 76.14, dan denganàmetode turnamen adalah 81.8.
Kata kunci: metode kartu matrik ingatan, turnamen, dan pendekatan saintifik