ANALISIS HASIL PERENCANAAN PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN OPEN CLASS MAHASISWA PPL 2 TAHUN 2017

Authors

  • Femmy Roosje Kawuwung

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hasil perencanaan penggunaan perangkat pembelajaran dalam kegiatan open class mahasiswa PPL 2. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 5 mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Wori & SMA Katolik St.Rosa de Lima, kls X & kls XI, pada tgl 15 & 17 Mei 2017. Peneliti berperan sebagai observer dalam lima (5) kegiatan open class. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa; RPP tahap Apersepsi, 1) dari 5 guru model terdapat 3 guru yang membuka pembelajaran dengan doa, 2) terdapat 3 guru yang tahap apersepsi mengeksplor pengetahuan awal peserta didik, 3) terdapat 2 guru yang setelah mengeksplor dilanjutkan menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran, 4) terdapat 1 guru yang tidak memperhatikan alokasi waktu; Tahap Kegiatan Inti, 5) terdapat 2 guru yang menyampaikan topik dan sub topik, 6) terdapat 4 guru yang melaksanakan pembelajaran secara koperatif, 7) terdapat 3 guru yang kooperatifnya tidak jelas, 8) terdapat 4 guru pada kegiatan inti RPP yang disusun tidak jelas bagaimana kegiatan peserta didik, 9) terdapat 5 guru dalam RPP khusus kegiatan inti strategi pembelajaran yang digunakan tidak nampak, 10) terdapat guru yang memberikan secara keseluruhan soal yang telah dipersiapkan tanpa memperhatikan alokasi waktu & terdapat 2 guru yang memberikan soal pilihan ganda & 3 lainnya soal esai; Tahap Penutup, 11)
dalam mengambil kesimpulan terdapat 2 guru yang menopoli sehingga kelihatan dibuat oleh guru, 12) terdapat 3 guru yang mengambil kesimpulan bersama peserta didik; LKPD 13) LKPD
seharusnya dipersiapkan untuk semua peserta didik.


Kata kunci: perencanaan, rpp, LKPD

Downloads

Published

2018-06-08