PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF SISWA SMA

Authors

  • Irwandi Irwandi
  • Nuri Wulandari
  • Adrian Topano

Abstract

Guruà Biologià kecenderungan lebih banyak transfer of knowledge, kurang àmengembangkan pembelajaranà kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis danà kognitif siswa SMA di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen Randomized Pretest-Postest only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa, 2) melalui PBL hasilà kemampuan kognitif siswa lebih baik dibandingkan berpikir kritis. Siswa mampuà untuk mengatasi masalah pembelajaranà melalui pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL adalah strategi pembelajaran yang baik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa dalam pembelajaran Biologi di SMA.

à

Kata kunci : berpikir kritis, kognitif dan problem-based learning

Downloads

Published

2018-06-08