PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF SISWA SMA
Abstract
GuruÃÂ BiologiÃÂ kecenderungan lebih banyak transfer of knowledge, kurang ÃÂ mengembangkan pembelajaranÃÂ kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis danÃÂ kognitif siswa SMA di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen Randomized Pretest-Postest only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa, 2) melalui PBL hasilÃÂ kemampuan kognitif siswa lebih baik dibandingkan berpikir kritis. Siswa mampuÃÂ untuk mengatasi masalah pembelajaranÃÂ melalui pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL adalah strategi pembelajaran yang baik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa dalam pembelajaran Biologi di SMA.
ÃÂ
Kata kunci : berpikir kritis, kognitif dan problem-based learning