IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN SAINS (BIOLOGI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA SMP DI SAMARINDA
Abstract
Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui kegiatan pengkajianÃÂ pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok pendidik (guru/dosen) secara kolaboratif danÃÂ berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yangÃÂ meningkatkan keaktifan siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiriÃÂ terbimbing (guided inquiry) dengan suatu strategi yang berpusat pada siswa (student-centeredstrategy). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswaÃÂ setelah implementasi Lesson Study dalam pembelajaran Sains (Biologi) dengan menggunakan modelÃÂ Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada siswa SMP diÃÂ Samarinda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. SampelÃÂ penelitian adalah siswa SMP Negeri 7 Samarinda kelas VII-H yang berjumlah 39 orang dan siswaÃÂ SMP Negeri 2 kelas VII-1 yang berjumlah 26 orang. Penguasaan konsep pada hasil belajar siswa SMP
Negeri 7 Samarinda melalu penerapan lesson study dengan menggunakan model problem basedÃÂ learning (PBL) mengalami peningkatan. Pada pertemuan 1 persentase ketuntasan klasikal post testÃÂ sebesar 75,12 %, pada pertemuan 2 persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 80,64 %, padaÃÂ pertemuan 3 persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 84,23 %. Penguasaan konsep yang dilihatÃÂ dari hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Samarinda melalui menerapkan lesson study dalamÃÂ pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) mengalami peningkatan. Dimana pada pertemuan 1ÃÂ persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 73,07 %, pada pertemuan 2 persentase ketuntasanÃÂ klasikal post test sebesar 83,33 %, selanjutnya pada pertemuan 3 persentase ketuntasan klasikal postÃÂ test sebesar 96 %.
Kata kunci: lesson study, problem based learning, inkuri terbimbing