ANALISIS BUTIR SOAL BUATAN GURU PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 1 LOLAK KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Authors

  • Eva Serly Lovihan
  • Felma Tri Utami Lombu

Abstract

Evaluasià hasilà belajarà siswaà denganà tesà soalà buatanà Guruà memberikanà kontribusià yangà baik terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Baik tidaknya soal tes yang diujikan sangat dipengaruhi oleh kemampuanà seorangà guruà dalamà menyususnà soal.à Butirà soalà à merupakanà alatà ukurà untukà mengukur kemampusnà siswaà à harusà berkualitasà baik,à sehinggaà butirà soalà yangà digunakanà dapatà dijadikanà dasar untukà menentukanà keberhasilanà prosesà pembelajaran.à Penelitianà inià bertujuanà untukà mengetahui kualitasà butirà soalà ujianà semesterà genapà tahunà ajaranà 2014/2015à buatanà guruà danà penelitià padaà mata pelajaran IPA di SMP N 1 Lolak berdasarkan analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menguji butir soal buatan Guru sebanyak 35 butirà soalà objektifà danà 5 butirà soalà uraian,à danà butirà soalà yangà disusunà penelitià sebanyakà 40à butir soal objektif dan 5 butir soal uraian. Hasil analisis validitas dihitung rumus korelasi product moment denganà angkaà kasar,à reliabilitasà denganà rumusà KR-20à memilikià nilaià koefisienà reliabilitasà tesà lebih besarà darià 0,70à yaituà 0,7635à danà rumusà Flananganà memilikià nilaià koefisienà reliabilitasà tesà sebesar 0,8266à ,à dayaà pembedaà danà tingkatà kesukaranà padaà butirà soalà objektifà buatanà à guruà telahà memiliki kualitas yang baik sebanyak 22 butir soal danà butir soal bentuk soal uraian belum memiliki kualitas yang memadai. Sedangkanà butir soal objektif yang disusun peneliti telah memiliki kualitas yang baik sebanyak 28 butir soal dan 5 butir soal bentuk uraian.à à

Kata kunci: analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukatan

Downloads

Published

2018-06-08