ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK YANG BERBEDA DI SMAN 1 KAYANGAN

Authors

  • Muhamad Taofiq
  • Dadi Setiadi
  • Gito Hadiprayitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan interaksi kemampuan literasi sainsàmelalui implementasi model pembelajaran inkuiri dan Problem Based Learning (PBL) ditinjau dariàkemampuan akademik yang berbeda di SMAN 1 Kayangan. Jenis penelitian yang digunakan adalahàeksperimen semu dengan desain factorial 2x2. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari kelas X sains 1 dan Xàsains 2 dengan mengimplementsikan model pembelajaran yang berbeda. Pada kelas X sains 1àdiimplementasikan model pembelajaran inkuiri sedangkan kelas X sains 2 diimplementasikan modelàpembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik analisis data menggunakan uji anakova. Hasil ujiàhipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswaàkelas X di SMAn 1 Kayangan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri danàmodel pembelajaran PBL (nilai p < 0,05). Disamping itu ditemukan adanya interaksi antara kemampuan
akademik dengan implementasi model pembelajaran terhadap kemampuan literasi sains siswa di SMANà1 Kayangan (p < 0,05).


Kata kunci: kemampuan literasi, model pembelajaran, kemampuan akademik

Downloads

Published

2018-06-08