ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK YANG BERBEDA DI SMAN 1 KAYANGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan interaksi kemampuan literasi sainsÃÂ melalui implementasi model pembelajaran inkuiri dan Problem Based Learning (PBL) ditinjau dariÃÂ kemampuan akademik yang berbeda di SMAN 1 Kayangan. Jenis penelitian yang digunakan adalahÃÂ eksperimen semu dengan desain factorial 2x2. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari kelas X sains 1 dan XÃÂ sains 2 dengan mengimplementsikan model pembelajaran yang berbeda. Pada kelas X sains 1ÃÂ diimplementasikan model pembelajaran inkuiri sedangkan kelas X sains 2 diimplementasikan modelÃÂ pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik analisis data menggunakan uji anakova. Hasil ujiÃÂ hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswaÃÂ kelas X di SMAn 1 Kayangan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri danÃÂ model pembelajaran PBL (nilai p < 0,05). Disamping itu ditemukan adanya interaksi antara kemampuan
akademik dengan implementasi model pembelajaran terhadap kemampuan literasi sains siswa di SMANÃÂ 1 Kayangan (p < 0,05).
Kata kunci: kemampuan literasi, model pembelajaran, kemampuan akademik