IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF IPA MAHASISWA PGSD
Abstract
Media IPA dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran IPA yang sesuai hakikatnya, tetapi banyak sekolah terutama di sekolah dasar memiliki media IPA yang terbatas jumlahnya. Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebagai calon guru memerlukan keterampilan dalam mengembangkan media inovatif IPA untuk mempersiapkan mereka menghadapi ketersediaan media IPA yang terbatas ketika menjadi guru. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD mengembangkan media inovatif IPA melalui implementasi strategi inkuiri yang dipandu kegiatan Lesson Study (LS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan dalam bentuk LS yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalahÃÂ 79 mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah pembelajaran IPA pada Program Studi PGSD Universitas Mataram tahun akademik 2016/2017. Data dikumpulkan melalui pengamatan kreativitas mahasiswa mengembangkan media inovatif IPA dan tes. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa melalui implementasi strategi inkuiri yang dipandu LS terjadi peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan media inovatif IPA dan rata-rata skor kreativitas mahasiswa pada akhir pembelajaran adalah berkategori sangat baik.
ÃÂ
Kata kiunci: pembelajaran inkuiri, lesson study, media inovatif , kreativitas, sekolah dasar