PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA PERKULIAHAN BIOLOGI DASAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Muhiddin Palenari
  • Hamka Lodang
  • Faisal Faisal

Abstract

Era pengetahuan merupakan era yang membutuhkan berbagai keterampilan intelektual seperti keterampilan berpikir kritis, keterampilan metakognisi dan pemecahan masalah. Era tersebut menjadi pendorong perbaikan sektor pendidikan pada semua jalur dan jenjang pendidikan termasuk di perguruan tinggi. Salah satu pembelajaran yang dapat memacu keterampilan intelektual yang diperlukan di era pengetahuan adalah problem based learning (PBL). Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada perkuliahan Biologi Dasar dengan penerapan RPP-PBL dan LKM-PBL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di Fakultas MIPA pada Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, dan Jurusan Biologi FMIPA UNM. Instrument pengumpulan data terdiri dari angket tanggapan mahasiswa terhadap perkuliahan, tes pemahaman konsep Biologi Dasar terintegrasi dengan keterampilan berpikir kritis. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada umumnya berada pada kategori ââ¬Åmulai berkembangââ¬Â dan terdapat mahasiswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis dengan kategori ââ¬Åberkembang sangat baikââ¬Â dan tidak ada yang memiliki keterampilan berpikir kritis dengan kategori ââ¬Åmasih berisikoââ¬Â.

Kata kunci: era pengetahuan, keterampilan berpikir kritis, PBL

Downloads

Published

2018-06-08