PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READING – CONCEPT MAP – STAD

Authors

  • Fahmil Ikhsan Taharu

Abstract

Membaca sangat penting dalam mempelajari suatu disiplin ilmu karena dapat membantuàuntuk mengetahui terminologi maupun untuk membangun pemahaman tentang suatu topik. Olehàkarena itu penting untuk mengintegrasikan aktivitas membaca dalam proses pembelajaran.àPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan modelàpembelajaran reading ââ¬â concept map ââ¬â student team achievement division (STAD). Penelitian iniàmerupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atasàtiga pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas 03 semester pertama padaàtahun tahun akademik 2016-2017. Subjek penelitian sebanyak 20 orang mahasiswa terdiri atas 18àorang mahasiswi dan 2 orang mahasiswa. Peningkatan hasil belajar kognitif diukur melaluiàpemberian tes kognitif pada akhir setiap siklus. Respon siswa terhadap model pembelajaranàdiperoleh melalui pemberian angket, keterlaksanaan pembelajaran diperoleh melalui lembaràobservasi dan dilakukan penilaian produk terhadap concept map yang dibuat oleh mahasiswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan rerata skor hasil tes kognitif mahasiswa yaituàdari 70.29 pada siklus I menjadi 79.29 pada siklus II dan 86.18 pada siklus III. Peningkatan jugaàditunjukkan pada persentase keterlaksanaan pembelajaran dan persentase rerata skor concept mapàmahasiswa, serta respon mahasiswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon yang positif,àsehingga diperoleh bahwa model pembelajaran reading ââ¬â concept map ââ¬â STAD dapatàmeningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UniversitasàMuhammadiyah Buton pada mata kuliah pengantar pendidikan.


Kata Kunci: hasil belajar, reading-concept map, STAD.

Downloads

Published

2018-06-08