ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK ICEBREAKER PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Yuslim Fauziah
  • Imam Mahadi
  • Marni Alhuda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif melalui penggunaan teknik icebreaker pada pembelajaran Biologi (materi Pencemaran Lingkungan ) di kelas X SMA Negeri 1 Kampar. Metode yangà digunakan adalah quasieksperimen dengan desain randomized control group pretest-posttest. Sampel ditentukan secara acak yaitu kelas X MIA2 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan teknik icebreaker) dan kelas X MIA3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional) yang didapat melalui uji normalitas danà uji homogenitas. Data dikumpulkan melalui pretes ââ¬â postes dan dianalisis dengan t-tes serta analisis N-Gain untuk menentukan kategori peningkatan hasil belajar Biologi pada aspek kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah 56.71 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, denganà t-hitung (4,06) > t-tabel (1,67). Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen tergolong tinggi (N-Gain = 0,83) dan kelas kontrol tergolong kategori sedang (N-Gain = 0,7) Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Icebreaker berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Biologi pada pokok bahasan Pencemaran Lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Kampar.

à

Kata kunci : Icebreaker, Hasil belajar kognitif

Downloads

Published

2018-06-08