ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK ICEBREAKER PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif melalui penggunaan teknik icebreaker pada pembelajaran Biologi (materi Pencemaran Lingkungan ) di kelas X SMA Negeri 1 Kampar. Metode yangàdigunakan adalah quasieksperimen dengan desain randomized control group pretest-posttest. Sampel ditentukan secara acak yaitu kelas X MIA2 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan teknik icebreaker) dan kelas X MIA3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional) yang didapat melalui uji normalitas danàuji homogenitas. Data dikumpulkan melalui pretes ââ¬â postes dan dianalisis dengan t-tes serta analisis N-Gain untuk menentukan kategori peningkatan hasil belajar Biologi pada aspek kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah 56.71 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, denganàt-hitung (4,06) > t-tabel (1,67). Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen tergolong tinggi (N-Gain = 0,83) dan kelas kontrol tergolong kategori sedang (N-Gain = 0,7) Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Icebreaker berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Biologi pada pokok bahasan Pencemaran Lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Kampar.
ÃÂ
Kata kunci : Icebreaker, Hasil belajar kognitif