EFEKTIFITAS MODEL PRAKTIKUM BERBASIS SOFTWARE MOST PROBABLE NUMBER (MP-BSMPN) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP MIKROBIOLOGI AIR
Abstract
Penelitian ini mempelajari penerapan MP-BSMPN terhadap peningkatan keterampilanÃÂ proses sains dan penguasaan konsep mikrobiologi air. Tujuan penelitian ini adalah untukÃÂ mengetahui efektifitas MP-BSMPN dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) danÃÂ penguasaan konsep mikrobiologi air. Uji efektifitas perangkat menggunakan penelitian quasiexperimental dengan rancangan non equivalent control group design. Penelitian ini melibatkan 60ÃÂ mahasiswa semester IV Prodi Farmasi Universitas Muhammadiyah Mataram. Perbedaan perolehanÃÂ KPS dan peningkatan penguasaan konsep dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata,ÃÂ sedangkan besarnya peningkatan dianalisis menggunakan skor gain ternormalisasi (N-gain). HasilÃÂ penelitian menunjukkan bahwa, N-gainÃÂ keterampilan proses sains mahasiswa yang belajar denganÃÂ MP-BSMPN lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang belajar tidak menggunakan MP-BSMPNÃÂ dengan perolehan KPS berbeda secara signifikan. N-gain penguasaan konsep mahasiswa yang belajarÃÂ dengan MP-BSMPN lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang belajar tidak menggunakan MPBSMPN dan berbeda secara signifikan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa prosesÃÂ pembelajaran menggunakan Model Praktikum Berbasis Software Most Probable Number (MPBSMPN) efektif untuk meningkatkan keterampilan proses proses sains dan penguasaan konsepÃÂ mahasiswa pada mata kuliah mikrobiologi air.
Kata Kunci: MP-BSMPN
, keterampilan proses sains, penguasaan konsep, mikrobiologi air