PENYUSUNAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PERKULIAHAN MIKROBIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL DI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIMED

Authors

  • Hasruddin Hasruddin
  • Fauziyah Harahap
  • Mahmud Mahmud

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi, validitas konstruksi, dan validitas empiris tes kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thingking) pada perkuliahan mikrobiologi berbasis kontekstual di Program Studi Pendidikan Biologi Unimed. Penelitian pengembangan ini menganalisis butir tes yang ada pada matakuliah mikrobiologi selama tiga tahun terakhir, menganalisis silabus pata tiga tahun terakhir, dan menyusun perangkat tes kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang terdiri dari 10 soal esai yang diperkirakan dapat dikerjakan mahasiswa selama 100 menit. Hasil analisis butir soal mikrobiologi pada tiga tahun terakhir bahwa sebagian tes mencerminkan masih berupa kemampuan berpikir tingkat rendah (Low Order Thinking). Draft tes divalidasi oleh 2 orang ahli materi mikrobiologi, 2 orang ahli evaluasi, 2 orang ahli bahasa, dan 2 orang dosen praktisi sebagai pengampu matakuliah mikrobiologi, dan ujicoba instrumen pada 20 orang mahasiswa semester 8. Data dianalisis dengan menggunakan teknik prosentase dan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi. Hasil penelitian ditemukan bahwa dari 10 soal yang disusun ternyata sebanyak 7 soal dinyatakan valid atau diterima dan 3 soal ditolak. Hal ini disesuaikan dengan indikator ketercapaian, kualitas kedalaman materi, dan waktu penyelesaian tes.

Kata kunci: mikrobiologi, kemampuan berpikir,à kontekstual


Downloads

Published

2018-06-08