PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN MULTIMEDIA DAN KEMAMPUAN AKADEMIK TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 MATARAM
Abstract
Pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia merupakan model pembelajaran danÃÂ media pembelajaran yang dirancang secara terintegrasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuiÃÂ pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan multimedia dan kemampuanÃÂ akademik terhadap literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasiÃÂ experimen) dengan desain penelitain yaitu non equivalent pre-test post-test control group design.ÃÂ Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Mataram Tahun PelajaranÃÂ 2016/2017, dan penentuan sampel dilakukan dengan haphazard sampling, sampel yang diambil dalamÃÂ penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebanyak 4 (empat) kelas. Instrumen yang digunakanÃÂ untuk mengukur literasi sains adalah pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ModelÃÂ pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia secara signifikan berpengaruh terhadap N-gain
dalam literasi sains peserta didik; (2) Kemampuan akademik berpengaruh terhadap N-gain dalamÃÂ literasi sains peserta didik; (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalahÃÂ berbantuan multimedia dengan kemampuan akademik terhadap N-gain dalam literasi sains pesertaÃÂ didik. Kelompok peserta didik dengan akademik rendah mengalami peningkatan lebih besar daripadapeserta didik dari kelompok akademik tinggi.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah (PBM), multimedia, literasi sains