ANALISIS PEMAHAMAN GURU TERKAIT PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL QUANTUM LEARNING DAN PERMASALAHAN SISWA TERKAIT DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

Authors

  • Elsje Theodora Maasawet

Abstract

Analisis kebutuhan ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi padaàkegiatan pembelajaran Biologi di SMA Negeri Samarinda. Sasaran analisis ini adalah untukàmengetahui tingkat pemahaman guru Biologi terkait perangkat pembelajaran yang telah ada.,àPenerapan model pembelajaran yang sesuai dan permasalahan siswa. Sampel pengamatan padaàanalisis ini adalah guru Biologi di SMA N 1 Samarinda. Hasil pengamatan menunjukkan sebanyakà74,65 % guru mengalami kendala dalam menerapkan model pembelajaran. Semua guruàmenyatakan bahwa siswa cenderung tidak bertanya dalam pembelajaran, 65,60% guru jugaàmenyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa sangat rendah karena sebagian besar minatàbelajar siswa masih kurang, serta minimnya kesadaran siswa untuk membaca sehingga siswaàmenghadapi kesulitan dalam memahami konsep dan memecahan masalah sendiri.Selain itu,àmasalah yang juga dihadapi adalah masih banyak guru yang ternyata belum menerapkan model ââ¬âàmodel pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif. Cara yang dapat diambil untukàmengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning,ànamun tidak semua guru mengerti tentang sintak dari model pembelajaran Quantum Learning.Dariàhasil pengamatan berupa analisis permasalah guru Biologi SMA di Kota Samarinda, dapatàdisimpulkan bahwa pengalaman dan kemampuan guru untuk mengatasi permasalahan dalamàpembelajaran perlu ditingkatkan.

Kata kunci: analisis kebutuhan, perangkat pembelajaran, quantum learning, berpikir kritis

Downloads

Published

2018-06-08