ANALISIS POLA KOMUNIKASI DENGAN VICS FLANDERS PADA OPEN LESSON IPA BIOLOGI KEGIATAN LESSON STUDY BERBASIS MGMP DI KOTA SURAKARTA

Authors

  • Bowo Sugiharto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pembelajaran IPA Biologi pada open class kegiatan lesson studi berbasis MGMP di Kota Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang berusaha memberikan deskripsi tentang pola komunikasi yang dilakukan oleh guru IPA dan siswanya dengan materi Sistem Gerak pada Manusia. Subjek penelitian adalah seorang guru model (guru IPA) dan siswa kelas VIII SMP sejumlah 32 orang di sebuah SMP di Kota Surakarta. Open class juga diikuti oleh 7 orang observer yang merupakan guru IPA dari anggota MGMP di Kota Surakarta. Pengamatan dilakukan pada bulan Agustus 2014. Data diambil dengan cara melakukan observasi langsung kegiatan pembelajaran selama satu jam pelajaran dan didukung dengan dokumentasi dari alat perekam audio visual berupa video pembelajaran. Guna menentukan pola komunikasi yang ada pada kegitan pembelajaran, seluruh komunikasi selama proses pembelajaran di dalam kelas dilakukan transkrip, dilanjutkan dengan koding, dan memasukkan ke dalam matriks dan dianalisis. Analisis dilakukan dengan VICS (Verbal Interaction Categories System) dari Flanders Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran pada kegiatan open class yang dilakukan oleh guru model dalam pembelajaran Kurikulum 2013 telah menunjukkan adanya pembelajaran yang interaktif. Komunikasi pada pelajaran IPA Biologi tersebut bersifat multiarah dengan pola komunikasi timbal balik sebesar 88,26%, komunikasi antarsiswa sebesar 7,20%, dan dominasi guru hanya sebesar 4,55%.

Kata kunci : lesson study, open class, pembelajaran IPA, pola komunikasi

Downloads

Published

2018-06-08