MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar peserta didik pada perkuliahan Struktur Hewan. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen semu yang dilakukan pada mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM semester genap 2016/2017. Sampel penelitian terdiri atas 61 orang mahasiswa yang terdiri atas
dua kelas diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Aktivitas belajar mahasiswa diukur dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Data dianalisis secara kualitatif dan divisualisasikan dengan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing pada perkuliahan Struktur Hewan terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga. Dosen dapat menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk perkuliahan biologi lainnya dengan mempertimbangkan karakteristik materi.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, aktivitas belajar, model pembelajaran