PENGEMBANGAN MODUL DAN LKM PADA MATA KULIAH GENETIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MIND MAPPING DALAM UPAYA MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul dan lembar kerja mahasiswa yang dikembangkan dan dipraktiskanÃÂ pada mata kuliah genetika dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis mind mapping dalam upaya menumbuhkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan semester VI yang ÃÂ berjumlah 98 orang mahasiswa yang terbagi ke dalam tiga kelas yang akan digunakan sebagai kelas uji luas sedangkan pada uji terbatas menggunakan perwakilan dari setiap kelas. Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu model pengembangan 4-D (four-D) terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Desseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul dan lembar kerja mahasiswa yang dikembangkan valid, praktis, dan dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Pengembangan modul dan lembar kerja mahasiswa terdistribusi dengan normal dan homogen, sedangkan pada kemampuan berpikir kritis mahasiswa berhasil ditumbuhkan melalui soal test evaluasi berpikir kritis menggunakan modul diperoleh presentasi 72,5 % dengan kategori kritis serta pada kemampuan berpikir kritis mahasiswa menggunakan lembar kerja mahasiswa melalui permasalahan yang dikerjakan perkelompok dalam katagori sangat kritis dengan presentasi 90,2 %.
ÃÂ
Kata kunci: berpikir kritis, Mind Mapping, modul, Problem Based Learning