PENINGKATAN MOTIVASI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA
Abstract
Group Investigation merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan padaÃÂ partisipasiÃÂ danÃÂ aktivitasÃÂ siswaÃÂ dalamÃÂ menentukanÃÂ topikÃÂ maupunÃÂ caraÃÂ untukÃÂ mempelajarinyaÃÂ melalui investigasi. Dan dapat melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berfikir mandiri. Dalam model group investigation terdapat tiga konsep utama, yaitu: penelitian, pengetahuan, dan dinamika kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa, Kabupaten Gowa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe groupÃÂ investigation. PenelitianÃÂ iniÃÂ adalahÃÂ penelitianÃÂ tindakanÃÂ kelasÃÂ (PTK).ÃÂ SampelÃÂ penelitianÃÂ adalahÃÂ semua siswa kelas XI IPA1 pada semester ganjil 2013/2014 yang berjumlah 38 orang siswa. Data diperoleh dengan menggunakanÃÂ angket,ÃÂ observasi,ÃÂ danÃÂ tesÃÂ hasilÃÂ belajar.ÃÂ HasilÃÂ penelitianÃÂ menunjukkanÃÂ bahwa:ÃÂ Terjadi peningkatanÃÂ motivasiÃÂ belajarÃÂ siswa,ÃÂ aktivitasÃÂ belajarÃÂ siswa,ÃÂ danÃÂ hasilÃÂ belajarÃÂ siswaÃÂ padaÃÂ materi sistem pernapasan melalui penerapan model group investigation.ÃÂ Kata Kunci: PTK, group investigation, sistem pernapasan, SMA Negeri 2 Sungguminasa Kelas XI IPADownloads
Published
2018-06-08
Issue
Section
Articles