PEMANFAATAN DANAU TOBA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA BALIGE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dimanfaatkan Danau Toba sebagai sumber belajar dan media pembelajaran Biologi di SMA, sehingg siswa terlibat dalam upaya melestarikan Danau Toba sebagai kekayaan alam dan budaya yang ada di Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan terhadap 160 siswa kelas X SMA yang ada di Kabupaten Balige dengan memberikan angket dan melakukan
observasi pembelajaran Biologi di kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket siswa dan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sering
menggunakan informasi Danau Toba dalam pembelajaran biologi, menyuruh siswa mengambil tanaman dan hewan yang ada di sekitar Danau Toba untuk diamati di laboratorium. Selain itu,
guru masih belum bisa memanfaatkan Danau Toba untuk membuat media yang lebih menarik untuk pembelajaran Biologi.
Kata kunci: Sumber belajar, media pembelajaran, pembelajaran biologi, Danau Toba